Abstract:
Industri kosmetik dan perawatan diri di Indonesia mengalami pertumbuhan setiap tahunnya sehingga banyak perusahaan lokal baru yang bermunculan. Kemajuan teknologi juga mendorong perusahaan untuk dapat beradaptasi terutama dalam strategi pemasaran. Saat ini, salah satu strategi pemasaran yang banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan adalah dengan menggunakan Celebrity Endorser. Penelitian in bertujuan untuk mengetahui pengaruh Celebrity Endorser terhadap keputusan pembelian pada brand Somethinc. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksplanatif kausalitas dengan metode survey. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah metode Non Probability Sampling dan didapatkan jumlah sampel sebanyak 100 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan kuesioner yang sebelumnya sudah dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear sederhana.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa Celebrity Endorser berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembeliann pada brand Somethinc sebesar 31,5% dan 68,5% sisanya dapat dipengaruhi variabel yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Hal tersebut dapat dioptimalkan oleh Somethinc dengan penggunaan Celebrity Endorser sebagai salah satu strategi pemasaran.