Abstract:
ByNeeth merupakan merek lokal yang berada di industri fashion, yang sudah berdiri selama hampir 3 tahun. Judul “Analisis Pengaruh Brand Awareness terhadap Viral Marketing ByNeeth” diangkat karena munculnya fenomena yang berdampak positif pada merek lokal industri fashion, yaitu fenomena Viral Marketing di media sosial, terutama Instagram dan Tiktok, seperti “racun TikTok” dan “racun Shopee”. Penelitian ini mengangkat variabel brand awareness karena brand awareness dianggap memiliki pengaruh yang erat terhadap munculnya tindakan viral marketing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran brand awareness ByNeeth, gambaran viral marketing ByNeeth, dan pengaruh brand awareness terhadap Viral Marketing ByNeeth. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan jumlah sampel sebanyak 444 responden. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linear sederhana untuk mengetahui pengaruh variabel brand awareness (X) terhadap variabel viral marketing (Y).
Hasil penelitian yang didapat dari penelitian ini adalah variabel brand awareness dengan dimensi brand recognition mendapatkan skor tertinggi dengan pernyataan mengetahui adanya merek ByNeeth di industri fashion lokal, sedangkan pada variabel viral marketing dimensi yang mendapatkan skor tertinggi merupakan expressing positive feelings dengan pernyataan merasa pengalaman berbelanja di ByNeeth menyenangkan , dan terdapat pengaruh signifikan brand awareness terhadap viral marketing ByNeeth.