Abstract:
Munculnya media sosial Instagram saat ini merupakan transformasi digital dalam meningkatkan penjualan. Instagram turut berperan aktif dalam praktik pemasaran, seperti iklan maupun promosi di dalam dunia bisnis. Pemasaran konten saat ini digunakan sebagai alat untuk memasaran produk dan menonjolkan ciri khas dari bisnis tersebut, seperti yang dilakukan oleh Scarcy.id. Scarcy.id adalah sebuah toko online yang berdiri pada tahun 2019, bergerak di bidang industri fashion dengan fokus, yaitu thrift shop. Scarcy.id menggunakan media sosial Instagram sebagai media utama dalam pemasaran konten, sehingga keputusan pembelian mengalami peningkatan. Hal ini menjadi latar belakang penelitian untuk menganalisis pemasaran konten Instagram terhadap keputusan pembelian di Scarcy.id. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif melalui penyebaran kuesioner kepada 104 responden yang ditentukan menggunakan rumus Slovin dan memenuhi kriteria yang peneliti berikan. Penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda dengan pengujian hipotesis menggunakan uji T dan F. Hasil penelitian yang didapat adalah terdapat pengaruh pemasaran konten Instagram terhadap keputusan pembelian. Namun saat diuji secara parsial, dimensi reader cognition dan sharing motivation memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Sedangkan pada dimensi decision making memiliki pengaruh namun lemah atau tidak signifikan terhadap keputusan pembelian.