Pengaruh metode bakar uang Tokopedia dan Shopee terhadap pilihan konsumen di Kota Bandung

Show simple item record

dc.contributor.advisor Widyarini, Maria
dc.contributor.author Alexander, Juan
dc.date.accessioned 2023-08-04T06:17:04Z
dc.date.available 2023-08-04T06:17:04Z
dc.date.issued 2022
dc.identifier.other skp43232
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/15668
dc.description 10101 - FISIP en_US
dc.description.abstract Berkembangnya internet dan teknologi tentunya sangat mempengaruhi perilaku masyarakat. Teknologi dan internet tidak hanya dilakukan untuk berkomunikasi saja melainkan memunculkan fenomena baru dalam proses jual beli barang maupun jasa. Perkembangan ini tentunya memunculkan peluang baru dalam dunia bisnis. Masyarakat dapat berbelanja kebutuhan dan keinginannya secara online. Fenomena saat ini banyak sekali e-commerce yang melakukan metode marketing dengan melakukan bakar uang untuk menarik banyak konsumen agar berbelanja. Bakar uang merupakan insentif yang diberikan kepada konsumen untuk menciptakan kepercayaan kepada masyarakat mulai dari membuat promo besar besaran, cashback, voucher diskon, gratis ongkir, flashsale dan lain sebagainya. Dalam hal ini Tokopedia dan Shopee sebagai perusahaan yang aktif dalam melakukan bakar uang di Indonesia. Penelitian ini menggunakan eksplanatori dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik Convenience sampling menggunakan alat penelitian berupa kuesioner dengan jumlah sampel 200 responden yang diberikan kepada konsumen yang memiliki aplikasi Tokopedia dan Shopee, mengunjungi dan berbelanja di Tokopedia dan Shopee di Kota Bandung selama periode Maret s/d Juni 2022. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa variabel strategi bakar uang Tokopedia memiliki pengaruh signifikan terhadap pilihan konsumen di Kota Bandung. Variabel strategi bakar uang Shopee memiliki pengaruh signifikan terhadap pilihan konsumen di Kota Bandung. Namun masih banyak pengguna yang memiliki dan menggunakan lebih dari satu e-commerce, konsumen membandingkan harga, produk dan sebagainya dari satu e-commerce ke e-commerce yang lain. Peneliti menyarankan agar Tokopedia dan Shopee dapat efektif dan konsisten dalam menawarkan promo menarik yang dapat membuat konsumen loyal dan tidak berpaling ke e-commerce lain. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik - UNPAR en_US
dc.subject Strategi Bakar Uang en_US
dc.subject Tokopedia en_US
dc.subject Shopee en_US
dc.subject Pilihan Konsumen en_US
dc.title Pengaruh metode bakar uang Tokopedia dan Shopee terhadap pilihan konsumen di Kota Bandung en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM6081801005
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0423087302
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI608#Ilmu Administrasi Bisnis


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account