Abstract:
Berkembangnya internet dan teknologi tentunya sangat mempengaruhi perilaku masyarakat. Teknologi dan internet tidak hanya dilakukan untuk berkomunikasi saja melainkan memunculkan fenomena baru dalam proses jual beli barang maupun jasa. Perkembangan ini tentunya memunculkan peluang baru dalam dunia bisnis. Masyarakat dapat berbelanja kebutuhan dan keinginannya secara online. Fenomena saat ini banyak sekali e-commerce yang melakukan metode marketing dengan melakukan bakar uang untuk menarik banyak konsumen agar berbelanja. Bakar uang merupakan insentif yang diberikan kepada konsumen untuk menciptakan kepercayaan kepada masyarakat mulai dari membuat promo besar besaran, cashback, voucher diskon, gratis ongkir, flashsale dan lain sebagainya. Dalam hal ini Tokopedia dan Shopee sebagai perusahaan yang aktif dalam melakukan bakar uang di Indonesia. Penelitian ini menggunakan eksplanatori dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik Convenience sampling menggunakan alat penelitian berupa kuesioner dengan jumlah sampel 200 responden yang diberikan kepada konsumen yang memiliki aplikasi Tokopedia dan Shopee, mengunjungi dan berbelanja di Tokopedia dan Shopee di Kota Bandung selama periode Maret s/d Juni 2022. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa variabel strategi bakar uang Tokopedia memiliki pengaruh signifikan terhadap pilihan konsumen di Kota Bandung. Variabel strategi bakar uang Shopee memiliki pengaruh signifikan terhadap pilihan konsumen di Kota Bandung. Namun masih banyak pengguna yang memiliki dan menggunakan lebih dari satu e-commerce, konsumen membandingkan harga, produk dan sebagainya dari satu e-commerce ke e-commerce yang lain. Peneliti menyarankan agar Tokopedia dan Shopee dapat efektif dan konsisten dalam menawarkan promo menarik yang dapat membuat konsumen loyal dan tidak berpaling ke e-commerce lain.