Pengaruh pengalaman terhadap kepuasan pengguna platform steam di Kota Bandung

Show simple item record

dc.contributor.advisor Subari, Fransiska Anita
dc.contributor.author Candrika, Fikri Daffa
dc.date.accessioned 2023-08-04T02:51:54Z
dc.date.available 2023-08-04T02:51:54Z
dc.date.issued 2022
dc.identifier.other skp43225
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/15663
dc.description 10094 - FISIP en_US
dc.description.abstract Bermain game merupakan salah satu alternatif mengisi waktu luang. Teknologi yang mendukung permainan telah berkembang dan saat ini orang dapat bermain di platform berbasis digital yang dapat diakses secara online dan menghubungkan orang-orang dari seluruh dunia. Bermain game dapat memberikan kesenangan, keingintahuan, tantangan dan hubungan dengan pemain lain pada saat yang bersamaan. Pengalaman ini akan menghasilkan kepuasan tersendiri jika platform berhasil menyerap perhatian para pemain dan menarik mereka ke dalam dunia imajinatif. Saat ini ada beberapa platform yang menyediakan game online, salah satunya adalah Steam yang dikembangkan oleh perusahaan Valve. Menjadi salah satu platform game populer, menarik untuk mengetahui pengalaman dan kepuasan pengguna platform ini dan apakah ada korelasi dari kedua variabel. Dalam penelitian ini, data diperoleh dengan melakukan survei kepada 100 responden pengguna Steam di Bandung. Pengalaman konsumen diukur menggunakan dimensi kognitif dan afektif, sedangkan kepuasan konsumen mengukur kepuasan umum selama mengakses platform. Pengolahan data menggunakan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengalaman pengguna mempengaruhi kepuasan sebesar 44,3%. Korelasi positif berarti bahwa pengalaman yang lebih baik dapat meningkatkan kepuasan pengguna. Hasil korelasi tersebut didapatkan sebesar 0,666 yang berarti kedua variabel diatas memiliki interpretasi korelasi yang kuat. Hasil tersebut kemudian dapat menjadi bukti dan masukan bagi platform steam untuk selalu mengevaluasi pengalaman konsumen steam dan meningkatkan elemen yang berhubungan dengan pengalaman konsumen steam dalam layanan yang disajikan steam agar konsumen merasa selalu puas setelah mereka melakukan transaksi pembelian di platform steam. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik - UNPAR en_US
dc.subject Pengalaman Konsumen en_US
dc.subject platform en_US
dc.subject Kepuasan Konsumen en_US
dc.subject Steam en_US
dc.title Pengaruh pengalaman terhadap kepuasan pengguna platform steam di Kota Bandung en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2017320108
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0429087704
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI608#Ilmu Administrasi Bisnis


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account