Abstract:
Bermain game merupakan salah satu alternatif mengisi waktu luang. Teknologi yang mendukung permainan telah berkembang dan saat ini orang dapat bermain di platform berbasis digital yang dapat diakses secara online dan menghubungkan orang-orang dari seluruh dunia. Bermain game dapat memberikan kesenangan, keingintahuan, tantangan dan hubungan dengan pemain lain pada saat yang bersamaan. Pengalaman ini akan menghasilkan kepuasan tersendiri jika platform berhasil menyerap perhatian para pemain dan menarik mereka ke dalam dunia imajinatif. Saat ini ada beberapa platform yang menyediakan game online, salah satunya adalah Steam yang dikembangkan oleh perusahaan Valve. Menjadi salah satu platform game populer, menarik untuk mengetahui pengalaman dan kepuasan pengguna platform ini dan apakah ada korelasi dari kedua variabel. Dalam penelitian ini, data diperoleh dengan melakukan survei kepada 100 responden pengguna Steam di Bandung. Pengalaman konsumen diukur menggunakan dimensi kognitif dan afektif, sedangkan kepuasan konsumen mengukur kepuasan umum selama mengakses platform. Pengolahan data menggunakan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengalaman pengguna mempengaruhi kepuasan sebesar 44,3%. Korelasi positif berarti bahwa pengalaman yang lebih baik dapat meningkatkan kepuasan pengguna. Hasil korelasi tersebut didapatkan sebesar 0,666 yang berarti kedua variabel diatas memiliki interpretasi korelasi yang kuat. Hasil tersebut kemudian dapat menjadi bukti dan masukan bagi platform steam untuk selalu mengevaluasi pengalaman konsumen steam dan meningkatkan elemen yang berhubungan dengan pengalaman konsumen steam dalam layanan yang disajikan steam agar konsumen merasa selalu puas setelah mereka melakukan transaksi pembelian di platform steam.