Analisis pengaruh brand image terhadap brand preference produk AMDK merek Aqua

Show simple item record

dc.contributor.advisor Anggawidjaja, Agus Hasan Pura
dc.contributor.author Prabowo, Jeremy Heinrikus
dc.date.accessioned 2023-07-28T02:26:10Z
dc.date.available 2023-07-28T02:26:10Z
dc.date.issued 2022
dc.identifier.other skp43116
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/15603
dc.description 24810 - FE en_US
dc.description.abstract Berdasarkan data yang diperoleh dari Asosiasi Perusahaan Air Minum Dalam Kemasan Indonesia (ASPADIN), kebutuhan terhadap air minum dalam kemasan secara nasional terus meningkat setiap tahunnya. Kemudian, dari Top Brand Index diperoleh data bahwa dari tahun 2019-2022, merek AQUA menempati posisi pertama setiap tahunnya. Terdapat juga penelitian yang dilalukan oleh Nielsen, yang dimana hasil dari penelitian tersebut menunjukkan bahwa AQUA merupakan market leader dalam industri AMDK pada tahun 2016. AQUA menguasai pangsa pasar AMDK di Indonesia sebesar 46,7%, yang diikuti oleh merek-merek lainnya, seperti Club dengan pangsa pasar sebesar 4%, Le Minerale dengan pangsa pasar sebesar 3,5%, dan sebagainya. Lalu, peneliti melakukan preliminary research kepada 20 responden. 16 dari 20 responden menjawab bahwa mereka lebih memilih merek AQUA dibandingkan merek-merek AMDK lainnya. Hal ini menunjukkan bahwa brand preference dari merek AQUA terbilang kuat. Selanjutnya, 16 dari 20 responden tersebut juga memberikan alasan mengapa mereka lebih memilih merek AQUA, dan alasan-alasan yang diperoleh berkaitan dengan brand image yang dimiliki oleh merek AQUA. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui persepsi konsumen terhadap brand image (dimensi strength of brand association, favorability of brand association, dan uniqueness of brand association) produk AMDK merek AQUA, mengetahui brand preference pada produk AMDK merek AQUA, serta mengetahui pengaruh brand image (dimensi strength of brand association, favorability of brand association, dan uniqueness of brand association) terhadap brand preference produk AMDK merek AQUA. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian asosiatif kausal dengan menggunakan metode penelitian explanatory research. Penelitian ini dilakukan kepada 100 responden, dengan kriteria responden yaitu berusia 18-60 yang pernah mengonsumsi produk AMDK merek AQUA minimal 1 kali. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner melalui Google Form. Setelah memperoleh data dari 100 responden, peneliti melakukan analisis data dengan menggunakan metode analisis statistik deskriptif dan regresi linier berganda. Dari hasil pengujian dan analisis data, diperoleh hasil bahwa seluruh variabel brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand preference produk AMDK merek AQUA, yaitu dimensi strength of brand association, favorability of brand association dan uniqueness of brand association, dengan persentase kontribusi sebesar 69,3%. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi - UNPAR en_US
dc.subject brand image en_US
dc.subject brand preference en_US
dc.subject strength of brand association en_US
dc.subject favorability of brand association en_US
dc.subject uniqueness of brand association en_US
dc.title Analisis pengaruh brand image terhadap brand preference produk AMDK merek Aqua en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM6031801121
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0404115401
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI603#Manajemen


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account