Abstract:
Saat ini Sustainable Development Goals (SDGs) menjadi topik penting yang sering diperbincangkan oleh banyak negara karena dianggap sebagai jawaban atas kesenjangan yang terjadi dalam isu ekonomi, lingkungan dan sosial di dunia. Namun, tidak sedikit orang beranggapan bahwa SDGs hanya merupakan bentuk tanggung jawab dari para pelaku usaha yang kegiatan usahanya berkaitan dengan merusak alam saja. Sebagai sebuah institusi pendidikan, universitas juga harus turut berperan aktif dalam mendukung SDGs. Saat ini sudah mulai banyak universitas yang menerapkan konsep sustainable university. Dalam menerapkan konsep sustainable university ini, universitas melakukan berbagai kegiatan atau program keberlanjutan untuk turut berkontribusi dalam pembangunan berkelanjutan. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui tujuan dari setiap kegiatan atau program keberlanjutan dan melihat bagaimana kontribusinya dalam mendukung 17 indikator SDGs. Banyak pihak di berbagai sektor menganggap bahwa keberlanjutan merupakan salah satu misi atau tujuan yang ingin mereka capai. Universitas menerapkan konsep sustainable university sebagai upaya untuk menciptakan keberlanjutan di lingkungan universitas. Terdapat berbagai model pendekatan yang dapat digunakan oleh universitas dalam mencapai keberlanjutan universitas, yaitu pendekatan Green Building, ISO 14001, Eco-Management and Audit Scheme (EMAS), dan model pendekatan Alshuwaikhat & Abubakar. SDGs merupakan sebuah indikator yang memberikan gambaran mengenai bagaimana cara untuk mencapai tujuan keberlanjutan. Dalam upaya mendukung SDGs, universitas melakukan banyak kegiatan atau program keberlanjutan yang sesuai dengan tujuan SDGs. Dengan melibatkan SDGs di dalam kegiatan operasinya, universitas mendapatkan banyak manfaat salah satunya adalah dapat meningkatkan hubungan dengan para pemangku kepentingan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang memberikan gambaran mengenai topik yang diminati. Variabel yang digunakan di dalam penelitian ini merupakan variabel tunggal, yaitu analisis penerapan konsep sustainable university dalam mendukung SDGs. Penelitian ini menggunakan sumber data sekunder berupa laporan keberlanjutan universitas. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara studi kepustakaan dan dokumentasi. Metode pengolahan data yang digunakan di dalam penelitian ini adalah konten analisis. Dalam melakukan penelitian ini dilakukan beberapa langkah, seperti mengidentifikasi area masalah yang luas, melakukan studi pendahuluan, membuat rumusan masalah, melakukan pengumpulan data, analisis data, dan memberikan kesimpulan dan saran. Objek di dalam penelitian ini adalah penerapan konsep sustainable university dalam mendukung SDGs. Sedangkan, subjek yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu University of Cambridge, University of Melbourne, Siam University, dan Universitas Indonesia. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, keempat universitas telah menerapkan konsep sustainable university. Di dalam penerapan konsep ini, universitas melakukan berbagai kegiatan atau program keberlanjutan yang juga ditujukan untuk mendukung SDGs. Namun, setiap universitas memiliki cara dan fokus yang berbeda, sehingga kegiatan atau program keberlanjutan yang dilakukan dirancang sesuai dengan fokus indikator SDGs yang ingin dicapai oleh masing-masing universitas. Dari hasil penelitian terlihat bahwa Siam University dan Universitas Indonesia merupakan universitas yang lebih komprehensif terkait dengan upaya dan dukungannya terhadap semua indikator SDGs. Sedangkan, University of Cambridge dan University of Melbourne tidak menunjukkan upaya yang menunjukkan dukungannya terhadap semua indikator SDGs. Untuk mempercepat tercapainya SDGs, keempat universitas diharapkan dapat mempertahankan dan meningkatkan kinerja keberlanjutannya. Selain itu, diperlukan juga peran aktif dari berbagai pihak untuk dapat senantiasa melakukan upaya keberlanjutan yang sejalan dengan SDGs.