Abstract:
Bagi bisnis otomotif, ketersediaan lahan di lokasi strategis merupakan tantangan
utama dalam menjangkau konsumen untuk melakukan servis kendaraannya.
Kehadiran bengkel resmi di tengah kota merupakan nilai tambah bagi
perusahaan, sayangnya seringkali lokasi strategis ditengah kota tidak memiliki
lahan yang cukup besar untuk menampung kendaraan yang hendak diperbaiki.
Solusi dari lahan sempit ini adalah pembangunan bengkel vertikal, dengan
membangun bengkel secara vertikal pada lahan yang terbatas maka daya
tampung dari bengkel tersebut akan meningkat. Solusi bengkel vertikal ini
memberi kesempatan perancangan lift mobil untuk menaikkan mobil dari lantai
dasar ke lantai lainnya namun dengan syarat menggunakan lahan dengan
efektif. Maka dari itu vertical parking yang tidak hanya dapat menaikan mobil
namun juga dapat menampung sejumlah mobil adalah produk yang tepat untuk
menunjang bengkel vertikal. Dengan Lift yang mampu menampung sejumlah
mobil dan berfungsi sebagai lift (1 mobil naik 1 lantai dan 1 mobil untuk
turun 1 lantai pada waktu bersamaan) maka bengkel dapat beroperasi secara
lebih terstruktur dan mampu menampung lebih banyak mobil untuk dilakukan
perawatan. Konsep dari bengkel vertikal adalah mobil yang membutuhkan
waktu pengerjaan yang lebih lama akan disimpan di lantai yang lebih tinggi.
Setiap lantai akan memiliki 1 input dan 1 output mobil maka dari itu dasar
lift ini akan ditempatkan di level yang lebih rendah dari lantai 1. Ferris Car
Lift ini menggunakan material ductile iron dan Ferris Car Lift berukuran lebar
9819 mm, panjang 7360 mm dan tinggi 20802 mm dengan massa total 20379024
kg. Ferris Car Lift mampu mengangkat dan menyimpan mobil berukuran
panjang 5303 mm, lebar 1805 mm dan tinggi 1815 mm dengan massa 2810
kg. Ferris Car Lift telah lulus simulasi pembebanan (Von Mises Stress) pada
program SOLIDWORKS. Pembuatan Prototype Ferris Car Lift menunjukan
bahwa fungsi 1 mobil naik 1 lantai dan 1 mobil untuk turun 1 lantai pada waktu
bersamaan mungkin dibuat.