Abstract:
Kemampuan setiap karyawan merupakan landasan dasar perusahaan dalam mencapai keberhasilan tercapainya visi dan misi perusahaan, untuk itu diperlukan adanya pelatihan serta pengembangan kinerja karyawan. Pelatihan “Product
Overview” menjadi salah satu pelatihan yang dilakukan oleh GPS United untuk membantu para Agen mengembangkan kinerjanya agar dapat memberikan pelayanan yang terbaik kepada klien. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh program pelatihan “Product Overview” terhadap kinerja Agen asuransi di GPS United Penelitian ini menggunakan metode market survey dibantu dengan kuesioner sebagai instrumen penelitian dan wawancara dengan leader tim untuk melakukan penilaian kinerja agen asuransi di dalam tim. Teknik analisis data yang
digunakan adalah analisis data kuantitatif dan analisis statistik deskriptif serta dilakukan uji korelasi menggunakan Spearman rank dan uji hipotesis. Melalui penilaian yang didapatkan langsung dari Leader di salah satu tim
GPS United, dengan menggunakan 13 responden sebagai sampel, menunjukan tidak adanya perubahan signifikan pada kedua variabel. Dibuktikan pada perhitungan koefesien determinasi sebesar 0.29%. Artinya, hanya 0,29% pengaruh program pelatihan ‘Product Overview’ terhadap kinerja agen di tim tersebut, dan
baik agen yang mengikuti program pelatihan dan agen yang tidak mengikuti program pelatihan tidak ada perbedaan yang signifikan. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa tidak ada hubungan diantara program pelatihan “Product Overview” dengan Kinerja agen asuransi yang dibuktikan dari nilai korelasi koefisien sebesar 0.054, dengan nilai signifikansi 0.860 > 0.05.