Abstract:
Tingginya tingkat pengguna aktif media sosial saat ini dimanfaatkan sebagai aktivitas pemasaran, yang disebut dengan pemasaran media sosial. Pemasaran media sosial adalah aktivitas penggunaan saluran media sosial untuk mempromosikan bisnis dan produknya, seperti yang dilakukan oleh Emocion.sply. Emocion.sply adalah sebuah toko online yang didirikan pada tahun 2020, bergerak di bidang industri fashion dengan fokus yang ditonjolkan, yaitu produk custom. Pada saat Emocion.sply memaksimalkan pemasaran media sosial, terutama melalui aplikasi Instagram dan WhatsApp, keputusan pembelian yang terjadi mengalami peningkatan. Hal ini yang menjadi latar belakang penelitian untuk menganalisis pengaruh pemasaran media sosial terhadap keputusan pembelian di Emocion.sply.
Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory dengan pendekatan kuantitatif. Sedangkan metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah survei dengan tujuan untuk mengukur pengaruh dari variabel pemasaran media sosial terhadap keputusan pembelian dari perusahaan Emocion.sply. Sampel dalam penelitian ini adalah 86 responden dihitung dengan menggunakan rumus Slovin. Teknik pengumpulan dilakukan melalui penyebaran kuesioner kepada orang yang pernah melakukan pembelian di toko online Emocion.sply. Penelitian ini menggunakan analisis linear sederhana dengan instrumen yang digunakan yaitu uji koefisien determinasi, uji T, dan uji F.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemasaran media sosial melalui Instagram berpengaruh signifikan secara parsial dan pemasaran media sosial berpengaruh signifikan secara simultan terhadap keputusan pembelian di toko online Emocion.sply.