Abstract:
Perkembangan dalam dunia bisnis yang semakin pesat, membuat para
pelaku usaha dituntut untuk berinovasi dan menjaga hubungan yang baik dengan
pelanggan. Dalam hal ini, PT. Leeco Bintang Perkasa sebagai perusahaan yang
bergerak dalam bidang perangkat keras mebel memerlukan instrumen yang tepat
untuk mempertahankan dan meningkatkan loyalitas pelanggan. Bauran pemasaran
(7P) merupakan salah satu elemen penting yang dibutuhkan perusahaan untuk
menghasilkan respons yang diinginkan dari pasar sasaran. Tujuan dari penelitian
ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh bauran pemasaran
terhadap loyalitas pelanggan PT. Leeco Bintang Perkasa.
Penelitian ini menggunakan eksplanatori dengan pendekatan kuantitatif.
Pengumpulan data dilakukan dengan teknik purposive sampling menggunakan
alat penelitian berupa kuesioner dengan jumlah sampel 110 responden yang
pernah melakukan pembelian produk di PT. Leeco Bintang Perkasa minimal dua
kali selama periode Agustus s/d Oktober 2021. Teknik analisis kuantitatif yang
digunakan adalah regresi linier berganda dengan menggunakan uji instrumen yang
meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji hipotesis, dan uji
koefisien determinasi.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan variabel-variabel dalam bauran
pemasaran (produk, harga, tempat, promosi, orang, proses, dan bukti fisik) secara
simultan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan PT. Leeco Bintang
Perkasa. Sedangkan variabel bauran pemasaran yang secara parsial paling
berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan PT. Leeco Bintang Perkasa
adalah dimensi variabel proses.