Abstract:
Persaingan adalah hal yang lumrah dalam bisnis. Dalam situasi seperti ini, perusahaan
harus merebut pasar perhatian secara cepat dan pasif. Salah satu strateginya adalah dengan
menggunakan brand ambassador. Sebuah merek brand ambassador diharapkan dapat menarik
perhatian pasar, khususnya para penggemarnya. Itu adalah mengapa sebuah perusahaan perlu
hati-hati memilih brand ambassador mereka. Samsung adalah sebuah perusahaan dari Korea
Selatan yang menggunakan brand ambassador untuk memperkenalkan produknya. salah satu
dari Selebriti yang dipilih oleh Samsung adalah BTS, yang penggemarnya tersebar di seluruh
dunia. Sebagai perusahaan yang kuat, Samsung telah menggunakan beberapa brand
ambassador, di sisi lain, sebagai selebriti terkenal, BTS telah menjadi duta multi merek. Oleh
karena itu menarik untuk melihat pengaruh BTS sebagai brand ambassador terhadap minat beli
Samsung.
Dalam penelitian ini, kinerja BTS sebagai brand ambassador diukur dengan tiga
dimensinya yaitu attractiveness, credibility, product congruence. Sedangkan minat beli di ukur
dengan indikator yaitu interest, prediction, value, purchase probality, intention. Survei telah
dilakukan dengan menyebarkan kuesioner yang diisi oleh 102 responden. Data diolah secara
kuantitatif dengan menggunakan beberapa uji untuk melihat korelasinya antara dua variabel.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh merek BTS brand ambassador minat
beli konsumen Samsung berada pada kategori sangat baik dimana brand ambassador BTS
berpengaruh signifikan terhadap minat beli sebesar 65%. Merujuk pada penelitian tersebut,
menjadikan BTS sebagai brand ambassador merupakan strategi yang tepat dilakukan oleh
Samsung untuk menjadi brand ambassador yang mewakilkan produk kepada konsumen.