Fenomena online raffle di media sosial Instagram dikaitkan dengan Pasal 27 Ayat (2) Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan transaksi elektronik sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016

Show simple item record

dc.contributor.advisor Pohan, Agustinus
dc.contributor.author Kurniawan, Evan
dc.date.accessioned 2023-01-06T03:41:08Z
dc.date.available 2023-01-06T03:41:08Z
dc.date.issued 2020
dc.identifier.other skp41635
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/14055
dc.description 4605 - FH en_US
dc.description.abstract Pada masa sekarang ini, teknologi semakin canggih. Masyarakat dengan mudahnya mendapatkan barang yang ia mau dengan transaksi secara online melalui toko online (online shop) di media sosial. Selain adanya transaksi jual beli ada juga yang dinamakan dengan raffle online. Raffle online adalah undian yang dilakukan di media sosial secara langsung atau live. Undian tersebut berhadiah barang atau uang tunai. Dengan adanya hal tersebut mekanisme yang dilakukan oleh toko online serupa dengan praktik perjudian. Dimana dalam perjudian ada yang dinamakan bandar dan juga pemain serta adanya media untuk melakukan perjudian, sedangkan dalam praktik raffle online secara kasat mata memenuhi unsur-unsur perjudian. Dalam raffle online tersebut membuat para pemain mendapatkan keuntungan berkali-kali lipat yang membuat para pemain ketagihan untuk mengikuti undian tersebut berulang-ulang kali. Maka dari itu raffle online menyebabkan kecanduan para pemain yang mengikutinya. Pada saat ini belum ada yang secara khusus mengatur hal tersebut. Namun, dapat menggunakan pasal perjudian, namun dengan pasal perjudian sebagaimana diatur dalam KUHP adanya perbedaan definisi yang ada dalam KUHP dengan keadaan sekarang. Sehingga harus adanya penyamaan kata agar kata dalam KUHP dapat diterapkan pada kasus ini. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Ilmu Hukum Fakultas Hukum - UNPAR en_US
dc.subject raffle online en_US
dc.subject perjudian en_US
dc.subject judi on en_US
dc.title Fenomena online raffle di media sosial Instagram dikaitkan dengan Pasal 27 Ayat (2) Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan transaksi elektronik sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2016200036
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0428085601
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI605#Ilmu Hukum


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account