Tanggung jawab Rumah Sakit Mitra BPJS Kesehatan terhadap pasien peserta BPJS yang mengalami kerugian akibat pelayanan kesehatan yang tidak layak berdasarkan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan konsumen

Show simple item record

dc.contributor.advisor Gunawan, Johannes
dc.contributor.author Putri, Difa Dwi Shafira
dc.date.accessioned 2023-01-05T08:05:57Z
dc.date.available 2023-01-05T08:05:57Z
dc.date.issued 2021
dc.identifier.other skp42413
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/14050
dc.description 4897 - FH en_US
dc.description.abstract Dalam proses penyelenggaraan jaminan kesehatan yang diselenggarakan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS), masih dapat ditemui kendala-kendala yang dialami oleh Pasien Peserta BPJS, khususnya kendalakendala yang dilakukan atas kesalahan atau kelalaian dari pihak Rumah Sakit sebagai Mitra BPJS yang dapat merugikan pihak Pasien Peserta BPJS. Hal yang menjadi kendala tersebut berupa pelayanan dari Rumah Sakit Mitra BPJS yang tidak sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan cenderung merugikan pihak pasien BPJS. Rumah Sakit yang telah menjalani hubungan kerja sama dengan BPJS sebagai mitra, mengharuskan pihak Rumah Sakit Mitra BPJS untuk melayani pihak Pasien Peserta BPJS sesuai dengan aturan-aturan dan standar etika profesi yang berlaku. Oleh karena itu, pihak Rumah Sakit Mitra BPJS dapat turut bertanggung jawab atas kerugian yang dialami oleh Pasien Peserta BPJS. Dalam penelitian ini, penulis meneliti tentang bagaimana pertanggungjawaban Rumah Sakit Mitra BPJS selaku pelaku usaha terhadap kerugian yang dialami oleh Pasien Peserta BPJS selaku konsumen dan juga bagaimana upaya hukum yang dapat dilakukan oleh Pasien Peserta BPJS demi menuntut hak-haknya sesuai dengan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Hukum Fakultas Hukum - UNPAR en_US
dc.subject Rumah Sakit Mitra BPJS en_US
dc.subject BPJS Kesehatan en_US
dc.subject Pasien Peserta BPJS en_US
dc.subject pelyanan kesehatan tidak layak en_US
dc.title Tanggung jawab Rumah Sakit Mitra BPJS Kesehatan terhadap pasien peserta BPJS yang mengalami kerugian akibat pelayanan kesehatan yang tidak layak berdasarkan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan konsumen en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2017200163
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0412115201
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI605#Ilmu Hukum


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account