Abstract:
Food waste merupakan salah satu masalah yang menjadi perhatian pemerintah.
Karena kasus food waste masih ada di Indonesia, diperlukan solusi yang paling
tidak untuk menciptakan awareness bagi masyarakat agar tidak atau memperkecil
keinginan untuk menyia-nyiakan makanan. Selama ini tim peneliti dari UNPAR
telah berupaya melakukan edukasi dengan cara membuat permainan edukatif yang
dimainkan di sekolah-sekolah guna memberikan edukasi mengenai pentingnya peduli
lingkungan secara khusus untuk kasus food waste. Namun proses edukasi yang
dilakukan di sekolah-sekolah terpaksa dihentikan karena pandemi covid-19. Maka dari
itu, tujuan dari dibuatnya Tugas Akhir ini adalah untuk merancang ulang permainan
dengan cara membuat sistem permainan berbasis web sehingga kendala yang dialami
selama permainan yang dilakukan secara manual dapat diminimalisir atau diatasi
tanpa merubah tujuan dari edukasi. Pengujian dari permainan berbasis web dilakukan
oleh tim peneliti, mahasiswa, dan anak SMA. Hasil pengujian menunjukkan bahwa
permainan yang sudah dibangun menggunakan sistem web sudah sesuai dengan
kebutuhan dari tim peneliti. Sedangkan menurut mahasiswa dan anak SMA, sistem
permainan ini mudah digunakan dan dapat mengedukasi masyarakat.