Analisis yuridis tanggung jawab PT. MRT Jakarta (Perseroan Daerah) terhadap pengguna jasa MRT berdasarkan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan konsumen

Show simple item record

dc.contributor.advisor Gunawan, Johannes
dc.contributor.author Putri, Xaviera Netanya
dc.date.accessioned 2022-09-02T05:49:04Z
dc.date.available 2022-09-02T05:49:04Z
dc.date.issued 2020
dc.identifier.other skp41687
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/13223
dc.description 4656 - FH en_US
dc.description.abstract Antusias masyarakat terhadap kehadiran moda transportasi baru yakni MRT Jakarta sangat tinggi, selain sebagai transportasi untuk mengatasi persoalan kemacetan dan polusi di Jakarta, MRT Jakarta juga dapat meningkatkan budaya bertransportasi yang baru dalam masyarakat. Pada pelaksanaannya MRT Jakarta perlu memenuhi Standar Pelayanan Minimum (“SPM”) baik di stasiun maupun di perjalanan yang diantaranya termasuk kriteria keselamatan, keamanan, keandalan, kemudahan, kenyamanan, dan kesetaraan sebagai kewajiban dan janji PT MRT Jakarta kepada masyarakat dalam rangka memberikan pelayanan yang berkualitas, cepat, mudah, terjangkau, dan terukur. Namun pada kenyataannya ditemui beberapa permasalahan di dalam penyelenggaraan MRT Jakarta, seperti tidak terpenuhinya cadangan daya listrik pada saat terjadi pemadaman, fasilitas prioritas tidak didahulukan untuk orang yang termasuk prioritas, mesin tiket dan tapping yang terbatas, hingga adanya pelaksanaan fashion show di dalam rangkaian MRT. Berdasarkan beberapa permasalahan yang terjadi pada saat menggunakan MRT menyebabkan tidak terpenuhinya SPM yang seharusnya menjadi tanggung jawab PT MRT Jakarta sehingga dapat berpotensi adanya pelanggaran atas hak-hak konsumen. Oleh karena itu perlu ditinjau lebih lanjut melalui Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen (“UUPK”) agar konsumen dapat terlindungi. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Ilmu Hukum Fakultas Hukum - UNPAR en_US
dc.subject PT MRT Jakarta en_US
dc.subject Standar Pelayanan Minimum en_US
dc.subject Perlindungan Konsumen en_US
dc.subject Tanggung Jawab en_US
dc.title Analisis yuridis tanggung jawab PT. MRT Jakarta (Perseroan Daerah) terhadap pengguna jasa MRT berdasarkan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan konsumen en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2016200044
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0412115201
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI605#Ilmu Hukum


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account