Analisis yuridik tanggung jawab maskapai penerbangan dengan standar pelayanan maksimum terkait kewajiban dalam penyediaan media hiburan terhadap penumpang berdasarkan Undang-Undang No 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan konsumen

Show simple item record

dc.contributor.advisor Waluyo, Bernadette M.
dc.contributor.author Yusuf, Reynaldy Dwiputra
dc.date.accessioned 2022-08-30T06:40:35Z
dc.date.available 2022-08-30T06:40:35Z
dc.date.issued 2020
dc.identifier.other skp41651
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/13204
dc.description 4621 - FH en_US
dc.description.abstract Pada masa kini transportasi menjadi sarana pendorong kemajuan ekonomi, Kegiatan masyarakat erat kaitannya dengan transportasi. Salah satu transportasi yang digunakan adalah transportasi udara. Dalam transportasi udara terdapat pembagian standar pelayanan, dimana hal ini diatur dalam Pasal 3 ayat (2) Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor PM 185 Tahun 2015 yaitu dengan standar pelayanan maksimum, menenghan dan minimum. Perbedaan antara standar pelayanan maksimum, menengah, dan minimum terdapat pada kewajiban yang harus diberikan kepada penumpang. Dalam hukum Indonesia, peraturan yang mengatur mengenai kewajiban dari pelaku usaha adalah Pasal 7 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen yang selanjutnya disebut UUPK. Dalam UUPK secara khusus mengatur tentang kewajiban dari pelaku usaha yaitu tertuang dalam Pasal 7 UUPK. Khususnya terkait dengan kerugian akibat penggunaan, pemakaian dan pemanfaatan barang dan/atau jasa yang diperdagangkan serta barang dan/atau jasa yang diterima atau dimanfaatkan tidak sesuai dengan perjanjian. Oleh karena itu, hal ini sangat penting bagi pelaku usaha untuk menjalankan kewajibannya terhadap konsumen. Ketidaksesuaian tanggung jawab yang harus dilakukan oleh pelaku usaha yang terkait kewajiban yang harus dipenuhi terhadap penumpang, menyebabkan konsumen yang dalam penulisan ini adalah penumpang dirugikan karena tidak menerima haknya sesuai dengan yang diperjanjikan dan tidak menerima haknya sesuai dengan UUPK. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Ilmu Hukum Fakultas Hukum - UNPAR en_US
dc.title Analisis yuridik tanggung jawab maskapai penerbangan dengan standar pelayanan maksimum terkait kewajiban dalam penyediaan media hiburan terhadap penumpang berdasarkan Undang-Undang No 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan konsumen en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2016200003
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0401085801
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI605#Ilmu Hukum


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account