Abstract:
Kabupaten Bandung Barat sudah menjadi destinasi wisata yang terkenal sejak dahulu sampai sekarang, hal ini karena udara yang sejuk, pemandangan alam yang indah, dan terdapat banyak tempat wisata. Hal ini membuat villa menjadi pilihan yang tepat bagi orang yang ingin melepas penat dari hiruk pikuk kehidupan perkotaan. Melihat banyaknya villa yang berada di Kabupaten Bandung Barat menyebabkan persaingan yang ketat di bidang penginapan. Oleh karena itu penting bagi Villa Gardenia Bandung untuk berinovasi sehingga dapat terus bersaing dengan kompetitor yang ada. Penelitian ini akan menguraikan penerapan rantai nilai inovasi, Radar novasi, dan strategi inovasi yang direkomendasikan untuk Villa Gardenia Bandung.
Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif analitis dengan menggunakan metode studi kasus dengan cara memusatkan masalah sebagaimana adanya saat penelitian dilaksanakan, kemudian hasil penelitian diolah dan didapatkan kesimpulan. Data yang didapatkan penulis diperoleh menggunakan teknik wawancara dan observasi, kemudian data tersebut dianalisis menggunakan Rantai Nilai Inovasi dan Radar Inovasi.
Hasil dari penelitian ini adalah inovasi yang akan dilakukan oleh Villa Gardenia Bandung pada pertengahan tahun 2021. Dengan harapan menjadi nilai tambah yang efektif dengan menekankan hasil aktivitas rantai nilai inovasi serta dimensi radar inovasi bisnis. Ide-ide inovatif tersebut ialah Instagrammable Floaties, Kolam Hangat, dan Hot & Cool Heater.