Tinjauan yuridis terhadap penawaran produk asuransi secara telemarketing

Show simple item record

dc.contributor.advisor Sembiring, Sentosa
dc.contributor.author Thalia, Gebby
dc.date.accessioned 2020-02-24T06:17:18Z
dc.date.available 2020-02-24T06:17:18Z
dc.date.issued 2019
dc.identifier.other skp38879
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/10227
dc.description 4468 - FH en_US
dc.description.abstract Asuransi kerap kali ditawarkan secara telemarketing. Dalam penawaran asuransi secara telemarketing tersebut, pihak berwenang telah membentuk peraturan perundang-undangan yang membatasi kegiatan perusahaan asuransi dalam memasarkan produknya melalui telemarketing. Pembatasan tersebut dapat dilihat dari Pasal 19 Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 1/POJK.7/2013 Tahun 2013 tentang Perlindungan Konsumen Sektor Jasa Keuangan dan Pasal 47 angka 3 Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 23/POJK.5/2015 Tahun 2015 tentang Produk Asuransi dan Pemasaran Produk Asuransi. Namun tetap saja penawaran asuransi secara telemarketing tersebut tidak jarang menimbulkan permasalahan. Dalam penelitian ini digunakannya metode penelitian yuridis normatif yang bersifat deskriptif analitis, yaitu dengan menganalisis peraturan perundang-undangan yang berkaitan dengan kegiatan perasuransian melalui telemareketing serta prinsip dalam perjanjian guna mengetahui kekuatan mengikat dan pemenuhan prinsip keseketikaan dalam perjanjian asuransi secara telemarketing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perjanjian asuransi yang dilakukan secara telemarketing telah mengikat apabila dalam proses pembentukkannya telah memperhatikan peraturan-peraturan yang membatasi terkait hal tersebut dan didukung pula dengan adanya bukti berupa rekaman suara telepon pada saat perjanjian asuransi dilakukan secara telemarketing, namun atas perjanjian asuransi secara telemarketing tersebut telah melanggar prinsip keseketikaan dikarenakan tidak terdapat kesempatan bagi konsumen untuk membaca keseluruhan isi perjanjian asuransi dan hanya mengandalkan informasi singkat dari penawar melalui telepon tersebut. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Ilmu Hukum Fakultas Hukum - UNPAR en_US
dc.subject asuransi en_US
dc.subject perjanjian asuransi en_US
dc.subject asuransi telemarketing en_US
dc.title Tinjauan yuridis terhadap penawaran produk asuransi secara telemarketing en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2015200072
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0403025701
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI605#Ilmu Hukum


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account