Abstract:
Hotel Image Bandung merupakan hotel melati 2 yang berlokasi di jalan Lengkong Besar no 145 Bandung. Hotel Image memiliki konsep hotel yang modern dan minimalis dan sudah berdiri lebih dari 10 tahun. Memiliki lokasi yang strategis membuat hotel Image dekat dengan pusat pariwisata dan kuliner kota Bandung seperti gedung Asia Afrika, Pasar Baru, Jalan Braga, Masjid Agung dan Alun-alun.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pengaruh kualitas pelayanan terhadap keputusan menginap di hotel Image Bandung. Terkait dengan tujuan penelitian, jenis penelitian ini adalah penelitian hubungan kausal yaitu untuk mengetahui pengaruh Kualitas Pelayanan [variabel independen (X)] terhadap Keputusan Menginap Konsumen di Hotel Image Bandung [variabel independen (Y)].
Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey terhadap data yang dikumpulkan melalui kuesioner dan melakukan wawancara. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling non probability dan pemilihan sampel dengan accidental sampling dengan jumlah sampel 100 responden.
Dari hasil penelitian yang penulis lakukan, kualitas pelayanan di Hotel Image Bandung termasuk dalam kategori “baik” dengan total skor aktual 7048. Berdasarkan tabel peringkat tanggapan responden, terdapat tiga pernyataan kuesioner dengan peringkat tertinggi dan dua pernyataan dengan peringkat terendah. Berdasarkan uji koefisien determinasi dan analisis korelasi, kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian sebesar 57,6%, dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,759 yang termasuk dalam kategori kuat.
Tiga pernyataan dengan peringkat tertinggi, dan dua terendah pada kuesioner mengharuskan Hotel Image Bandung untuk terus mempertahankan, memperhatikan dan memperbaiki hal-hal tersebut agar Hotel Image Bandung dapat lebih maju dan terus berkembang.