Abstract:
Pesatnya perkembangan kedai kopi dipicu oleh perubahan gaya hidup dan
pertumbuhan ekonomi kelas menengah di Bandung sehingga menghasilkan
persaingan yang ketat antar kedai kopi atau café. Dalam menghadapai persaingan
ini Kurokoffee yang berlokasi di Kota Bandung, belum memiliki strategi bersaing.
Melalui penulisan ini, penulis ingin mengetahui strategi apa yang diterapkan oleh
Kurokoffee saat ini dan bagaimana faktor internal dan eksternal mempengaruhi
Kurokoffee dalam menjalankan usahanya.
Penulis menggunakan jenis penulisan deskriptif dangan metode penulisan
kualitatif. Dengan menggunakan pengamatan (observasi) dan wawancara
terstruktur untuk mendapatkan data atas objek penulisan. Data dianalisis dengan
menggunakan analisis faktor eksternal yaitu PESTEL dan Five Forces serta faktor
internal lalu diolah dengan matriks SWOT.
Berdasarkan hasil penelitian, Kurokofee menggunakan strategi bersaing
diferensiasi agar mampu untuk memiliki keunggulan bersaing. Merujuk pada hasil
analisis ini, perusahaan disarankan untuk menyempurnakan strategi diferensiasi.
Dengan harapan untuk dapat mempertahankan keunggulannya dibandingkan
pesaing yang ada.