Abstract:
Perkembangan Game sudah mulai ada sejak 1952 dan terus berkembang hingga sekarang. Salah satu Game ternama yang dirilis pada tahun 2017 ialah PUBG Corporation. PUBG Corporation melakukan beberapa bentuk kerjasama dengan perusahaan-perusahaan ternama. Salah satunya ialah kolaborasi berupa Co-branding dengan PT Torabika Eka Semesta yaitu, kopi Torabika Cappuccino PUBG Special Edition.
Jenis dari penelitian ini adalah penelitian kuantitatif asosiatif dengan hubugan kausal. Metode yang digunakan adalah survei dengan teknik pengumpulan data berupa penyebaran kusioner kepada 100 orang responden dengan persyaratan tertentu. Kinerja Co-branding diukur berdasarkan brand awereness sebelum dan sesudah Co-branding, sufficiently strong brands, favorable, positive consumer judgment, dan consumer feelings. Sedangkan keputusan pembelian diukur berdasarkan aspek yang sudah diputuskan oleh konsumen, yaitu pilihan produk, pilihan merek, pilihan penyalur, jumlah pembelian, waktu pembelian, dan metode pembayaran.
Hasil menunjukkan bahwa koefisien korelasi yang terbentuk berada pada tingkat sedang. Adanya pengaruh variabel Co-branding dengan variabel keputusan sebesar 18.4% dari Co-branding. Ini menunjukkan bahwa Co-branding dari kedua merek tersebut tidak banyak berkontribusi pada keputusan pembelian.
Mengacu pada hasil, disarankan untuk penelitian selanjutnya agar lebih memperhatikan waktu penyebaran kuesioner yaitu saat event yang melibatkan Co-Branding berlangsung atau menambah jumlah sampel dalam fokus lokasi penelitian yang lebih luas.