Abstract:
Industri makanan setiap tahunnya mengalami peningkatan . Hal ini
disebabkan karena sebagian besar masyarakat lebih senang untuk membeli
makanan di restoran dibanding untuk memasak. Salah satu restoran yang sedang
digemari oleh masyarakat adalah EatBoss . EatBoss memiliki 27 cabang diseluruh
Indonesia. Salah satunya adalah EatBoss Paskal Bandung yang berada di Jalan
Pasir Kaliki nomor 142 Bandung . Tujuan dari penulisan skripsi ini adalah untuk
mengetahui strategi diferensiasi yang digunakan oleh EatBoss Paskal dan
efektivitas strategi tersebut. Selain itu , tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengetahui proses bisnis yang dilakukan oleh EatBoss Paskal dalam mendukung
strategi perusahaan dan langkah selanjutnya yang harus dilakukan oleh EatBoss
Paskal dalam menghadapi persaingan di masa yang akan datang .
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan
menggunakan metode kualitatif . Suamber data berasal dari hasil wawancara
dengan supervisor (captain) EatBoss Paskal, melakukan observasi di jam tertentu
dan melakukan studi pustaka . Metode analisa yang digunakan adalah Matriks
SWOT, Matriks Evaluasi Faktor Internal-Eksternal dan Matriks Internal-Eksternal.
Hasil penelitian menunjukan bahwa EatBoss Paskal memiliki diferensiasi
produk dan diferensiasi citra .hasil penelitian strategi diferensiasi berdasarkan
konten, konteks , dan infrastruktur yang dimiliki oleh EatBoss Paskal . Kegiatan
rantai nilai yang mendorong terjadinya diferensiasi adalah kegiatan pemasaran,
layanan, logistic ke luar serta penelitian dan pengembangan produk.
Berdasarkan hasil perhitungan Matriks Internal-Eksternal , EatBoss Paskal
berada di posisi strategis IFE 3.12 EFE 3.04 bertemu di kuadran I yang berarti
perushaan berada dalam posisi Grow and Build .Berdasarkan hasil perhitungan
maka disarankan untuk menggunakan strategi pengembangan produk .