Analisis strategi bisnis Toko Buku Gramedia di Bandung : studi kasus pada TB Gramedia Istana Plaza

Show simple item record

dc.contributor.advisor Hendrawan, Sanerya
dc.contributor.author Sumadi, Nadya Aprilliani
dc.date.accessioned 2019-11-28T05:18:23Z
dc.date.available 2019-11-28T05:18:23Z
dc.date.issued 2019
dc.identifier.other skp38462
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/9739
dc.description 8832 - FISIP en_US
dc.description.abstract pertama kali pada tahun 1970. Memiliki lokasi bisnis yang tesebar di beberapa tempat di Kota Bandung. Toko Buku Gramedia merupakan salah satu toko buku yang banyak dikenal di Kota Bandung karena telah memiliki cukup banyak konsumen yang setia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi bisnis yang dimiliki perusahaan serta mengetahui langkah strategis yang sebaiknya di lakukan perusahaan untuk kedepannya agar tetap dapat bersaing di pasarnya. Jenis penelitian yang digunakan penulis adalah penelitian deskriptif analitis dan metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus pada Toko Buku Gramedia Istana Plaza. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dengan supervisor, observasi serta studi kepustakaan. Data yang telah dikumpulkan di analisis dengan menggunakan analisis SWOT, Matriks IFE dan EFE, matriks SWOT dan matriks IE. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara keseluruhan strategi yang digunakan Toko Buku Gramedia saat ini sudah cukup efektif. Analisis ini terdiri dari 5 faktor yaitu laba, produktivitas dan efisiensi, daya saing, kompetensi perusahaaan, dan citra dari perusahaan itu sendiri. Selain itu, Berdasarkan pada hasil perhitungan Matriks Internal-Eksternal, perusahaan berada pada posisi kuadran I yaitu zona tumbuh dan berkembang. Merujuk pada hasil matriks ini, perusahaan disarankan menggunakan strategi integrasi vertikal, penetrasi pasar, pengembangan pasar dan pengembangan produk sebagai strategi alternatifnya. Perusahaan diharapkan dapat mempertimbangkan strategi alternatif ini sehingga dapat memperkuat posisi perusahaan dalam persaingan yang dijalani. Saran bagi perusahaan, perusahaan lebih berfokus pada strategi pengembangan pasar dan pengembangan produk. Untuk menghindari regenerasi pegawai yang cukup sering bisa dilakukan dengan cara memperpanjang kontrak. Untuk penjualan produk baru, perusahaan dapat mengamati tren terbaru. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik - UNPAR en_US
dc.subject Strategi bisnis en_US
dc.subject rantai nilai en_US
dc.subject analisis SWOT en_US
dc.subject industri buku en_US
dc.title Analisis strategi bisnis Toko Buku Gramedia di Bandung : studi kasus pada TB Gramedia Istana Plaza en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2015320119
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0420095901
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI608#Ilmu Administrasi Bisnis


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account