Abstract:
pertama kali pada tahun 1970. Memiliki lokasi bisnis yang tesebar
di beberapa tempat di Kota Bandung. Toko Buku Gramedia merupakan salah satu
toko buku yang banyak dikenal di Kota Bandung karena telah memiliki cukup
banyak konsumen yang setia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi
bisnis yang dimiliki perusahaan serta mengetahui langkah strategis yang
sebaiknya di lakukan perusahaan untuk kedepannya agar tetap dapat bersaing di
pasarnya.
Jenis penelitian yang digunakan penulis adalah penelitian deskriptif
analitis dan metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus pada Toko Buku
Gramedia Istana Plaza. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara
dengan supervisor, observasi serta studi kepustakaan. Data yang telah
dikumpulkan di analisis dengan menggunakan analisis SWOT, Matriks IFE dan
EFE, matriks SWOT dan matriks IE.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara keseluruhan strategi
yang digunakan Toko Buku Gramedia saat ini sudah cukup efektif. Analisis ini
terdiri dari 5 faktor yaitu laba, produktivitas dan efisiensi, daya saing, kompetensi
perusahaaan, dan citra dari perusahaan itu sendiri. Selain itu, Berdasarkan pada
hasil perhitungan Matriks Internal-Eksternal, perusahaan berada pada posisi
kuadran I yaitu zona tumbuh dan berkembang. Merujuk pada hasil matriks ini,
perusahaan disarankan menggunakan strategi integrasi vertikal, penetrasi pasar,
pengembangan pasar dan pengembangan produk sebagai strategi alternatifnya.
Perusahaan diharapkan dapat mempertimbangkan strategi alternatif ini sehingga
dapat memperkuat posisi perusahaan dalam persaingan yang dijalani.
Saran bagi perusahaan, perusahaan lebih berfokus pada strategi
pengembangan pasar dan pengembangan produk. Untuk menghindari regenerasi
pegawai yang cukup sering bisa dilakukan dengan cara memperpanjang kontrak.
Untuk penjualan produk baru, perusahaan dapat mengamati tren terbaru.