Abstract:
Rumah dengan perabot yang tertata rapi dan desain interior yang indah adalah
impian banyak orang. Layanan desain interior memberikan solusi yang berkaitan
dengan merancang dan merenovasi berbagai ruangan sesuai keinginan konsumen.
Meningkatnya bisnis properti seperti perumahan dan apartemen oleh pengembang
terkemuka juga memengaruhi meningkatnya permintaan layanan desain interior.
CV Imago Art di Karawang adalah salah satu perusahaan jasa desain interior yang
bersaing dengan perusahaan sejenis lainnya untuk memenangkan konsumen di
pasar. Perusahaan ini berusaha menawarkan keunggulan dan keahliannya. Sebagai
perusahaan jasa, yang memiliki karakteristik khusus, bauran pemasaran harus
dipertimbangkan dengan cermat.
Penjelasan tersebut menjadi alasan dipilihnya bauran pemasaran jasa di
Imago Art sebagai variable dari penelitian ini. Disamping itu, penelitian ini juga
berusaha untuk mengetahui apakah bauran pemasaran layanan mempengaruhi
keputusan pembelian di CV. Imago Art Karawang. Data diperoleh dengan
melakukan survei melalui penyebaran kuesioner kepada 100 responden
menggunakan metode purposive sampling.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa bauran pemasaran layanan di CV.
Imago Art Karawang termasuk dalam kategori baik. Hasil uji korelasi adalah
0.672 yang termasuk dalam kategori korelasi kuat. Pengujian juga menunjukkan
bahwa ada pengaruh yang signifikan dan positif dari bauran pemasaran layanan
terhadap keputusan pembelian dengan koefisien determinasi sebesar 45.1%.
Berdasarkan hasil tabel peringkat tanggapan responden, terdapat 3 pernyataan
kuesioner dengan peringkat terendah mengenai tersedianya brosur, pamflet dan
poster, papan iklan/billboard yang digunakan, dan harga yang terjangkau. Untuk
itu CV. Imargo Art disarankan dapat memberikan perhatian kepada ketiga hal ini.