Abstract:
Nusantara Laundry merupakan sebuah perusahaan yang bergerak pada bidang
linen & towel, wholesale laundry bagi hotel-hotel di kota Bandung, Nusantara
Laundry mulai berdiri pada Februari 2018 dan terletak di Jalan PDAM (Belakang
Aston Pasteur Hotel) Sukagalih-Bandung. Laundry ini mengalami peningkatan
jumlah penjualan pada tahun 2018 dan 2019, tren pada laundry ini terus
meningkat.
Berdasarkan hasil wawancara awal yang dilakukan kepada 2 informan yang
menjabat sebagai kepala housekeeping di hotel X dan hotel Y, hasil yang
didapatkan adalah informan mengatakan bahwa Nusantara Laundry memberikan
kinerja dan hasil yang baik sehingga memperoleh kepuasan, dan harga yang
ditawarkan terjangkau sesuai dengan kualitas yang diberikan. Kinerja dan hasil
yang diberikan termasuk ke dalam brand trust, sedangkan mengenai harga yang
diberikan termasuk ke dalam brand loyalty.
Berdasarkan judul penelitian, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
apakah ada pengaruh brand trust terhadap brand loyalty di Nusantara Laundry
Bandung.
Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan analisis deskriptif, dan metode yang
digunakan adalah metode penelitian survei. Teknik pengumpulan data dalam
penelitian ini dilakukan dengan teknik wawancara terstruktur terhadap 7 informan.
Sumber data penelitian dikumpulkan melalui data primer dan data sekunder, dan
teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan. Metode keabsahan yang digunakan dalam penelitian
adalah metode triangulasi sumber.
Ternyata hasil penelitian ini menunjukan bahwa brand trust memiliki pengaruh
terhadap brand loyalty di Nusantara Laundry Bandung.