Pengaruh pengalaman konsumen dengan diterapkannya Peraturan pengurangan penggunaan kantong plastik terhadap perilaku pembelian di Supermarket Bandung

Show simple item record

dc.contributor.advisor Subari, Fransiska Anita
dc.contributor.author Rachael
dc.date.accessioned 2019-11-28T04:19:33Z
dc.date.available 2019-11-28T04:19:33Z
dc.date.issued 2019
dc.identifier.other skp38399
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/9730
dc.description 8769 - FISIP en_US
dc.description.abstract Kantong plastik telah digunakan selama bertahun-tahun sebagai tas belanja yang praktis dan murah. Namun sifat plastik yang sangat lama terurai secara hayati, akhirnya membebani bumi kita. Hal itu disebabkan karena plastik perlu bertahun-tahun untuk diuraikan penumpukan sampah plastik telah menjadi masalah serius bagi kota-kota besar, termasuk Bandung. Industri ritel dianggap memiliki kontribusi sebagai salah satu industri yang menggunakan kantong plastik dalam jumlah besar. Menanggapi situasi ini, pemerintah Kota Bandung mengeluarkan Peraturan Daerah yang mengatur pembatasan penggunaan kantong plastik di Supermarket di Bandung, disertai dengan pergerakan KangPisMan yang merupakan singkatan dari Kurangi (reduce), Pisahkan (sort), Manfaatkan (reuse). Pada dasarnya tentu tidak mudah mengubah perilaku orang. Konsumen yang biasanya disediakan kantong plastik, kini harus membawa tas belanjaan sendiri ketika membeli bahan makanan. Oleh karena itu, hal tersebut membuat peneliti tertarik untuk melakukan penelitian tentang pengalaman konsumen dengan implementasi Peraturan Daerah ini dan apakah hal itu mempengaruhi keputusan pembelian mereka. Pengalaman konsumen diukur dengan dimensi emotional experience, social experience dan sensory experience, sedangkan keputusan pembelian diukur dengan dimensi pilihan produk, pilihan merek, pilihan saluran distribusi, waktu pembelian dan jumlah pembelian. Data dikumpulkan dengan membagikan kuesioner kepada 100 responden dan diproses dengan beberapa tes kuantitatif Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh yang signifikan dari pembatasan kantong plastik pada keputusan pembelian konsumen, dan korelasi parsial menunjukkan bahwa dimensi emotional experience, social experience and sensory experience memiliki tingkat korelasi yang sangat rendah pada keputusan pembelian. Karena hasilnya menggambarkan bahwa peraturan tentang pembatasan kantong plastik di supermarket di Bandung tidak mempengaruhi perilaku pembelian, pihak supermarket disarankan untuk mengikuti peraturan daerah secara bersamaan dan tegas karena supermarket adalah salah satu penjual staples product en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik - UNPAR en_US
dc.title Pengaruh pengalaman konsumen dengan diterapkannya Peraturan pengurangan penggunaan kantong plastik terhadap perilaku pembelian di Supermarket Bandung en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2015320056
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0429087704
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI608#Ilmu Administrasi Bisnis


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account