Abstract:
Produk kapsul Vitamin-E di Indonesia semakin berkembang
keberadaannya. Banyak perusahaan farmasi yang mulai meluncurkan produk
kapsul Vitamin-E, PT Darya-Varia yang meluncurkan produk kapsul Vitamin E
Natur-E Advance dengan memiliki dua komponen penting yaitu Astaxanthin dan
Lycopene. Namun rupanya banyak pelanggan yang tidak mengetahui manfaat
serta kelebihan dari Astaxanthin dan Lycopene, sehingga banyak pelanggan yang
berhenti untuk mengonsumsi kapsul Natur-E Advance dan berdampak pada
penurunan penjualan kapsul Natur-E Advance.
Indikasi masalah dari penelitian ini adalah kelebihan dari komponen
penting Astaxanthin dan Lycopene yang tidak diketahui oleh pelanggan, yang
menyebabkan pelanggan tidak dapat merasakan manfaat dari kapsul Natur-E
Advance. Dengan demikian, perlu diteliti sejauh mana pelanggan sudah merasa
teredukasi mengenai produk kapsul Natur-E Advance.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa jauh
pelanggan sudah merasa teredukasi mengenai produk kapsul Natur-E Advance.
Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif analitis dengan
pendekatan kualitatif. Data atas objek penelitian di koleksi melalui wawancara
terstruktur, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian
data dan penarikan kesimpulan. Data divalidasi dengan teknik triangulasi
sumber.
Manfaat dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan informasi dari
pelanggan mengenai sejauh mana pelanggan telah merasa teredukasi dengan
produk kapsul Vitamin E Natur-E Advance.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kurang mendalamnya kegiatan
Customer Education membuat pelanggan tidak mengerti manfaat serta kelebihan
dari dua komponen utama pada kapsul Natur-E Advance, yaitu Astaxanthin serta
Lycopene.