Abstract:
Persaingan di bidang usaha percetakan kartu undangan dirasa semakin ketat oleh pelaku bisnis, baik dari segi harga maupun ragam produk yang ditawarkan. Century Card sebagai salah satu pemain senior di usaha ini merasakan hal yang sama sehingga untuk bertahan di pasar, perusahaan dirasa perlu meningkatkan citra merek yang diharapkan akan berdampak pada peningkatan kepercayaan merek. Berdasarkan uraian ini, penulis tertarik untuk melakukan studi lebih lanjut terkait pengaruh citra merek terhadap kepercayaan merek di Perusahaan Century Card.
Jenis penelitian ini adalah explanatory research dengan mempergunakan metode survai untuk pengambilan data. Pengujian hipotesis dilakukan untuk menjawab tujuan penelitian dengan sampel sebanyak 100 responden. Wawancara langsung kepada pemilik, konsumen dan pengamatan dilakukan untuk memperkuat hasil penelitian.
Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari citra merek terhadap kepercayaan merek, dimana pengaruh dari citra merek terhadap kepercayaan merek adalah sebesar 77%, sedangkan sebesar 23% adalah faktor lain seperti atribut produk, kepuasaan pelanggan, dan kualitas produk. Untuk itu, peneliti menyarankan kepada pihak Perusahaan Century Card untuk terus dapat mempertahankan dan meningkatkan citra merek yang saat ini sudah ada, dengan sasaran untuk dapat mendorong kepercayaan merek yang lebih baik di kemudian hari.