Analisis strategi Cost Leadership Kedai Kopi Roemah mBah

Show simple item record

dc.contributor.advisor Hendrawan, Sanerya
dc.contributor.author Budiatmoko, Yokanan
dc.date.accessioned 2019-11-28T03:47:05Z
dc.date.available 2019-11-28T03:47:05Z
dc.date.issued 2019
dc.identifier.other skp38469
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/9725
dc.description 8839 - FISIP
dc.description.abstract Pesatnya pertumbuhan kedai kopi di Kota Bandung menghasilkan persaingan yang ketat antar kedai kopi atau coffee shop baik dalam mempertahankan maupun dalam meningkatkan pangsa pasarnya. Dalam menghadapi persaingan ini Kopi Roemah mBah, menggunakan strategi cost leadershipsebagai strategi bersaingnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi cost leadership yang dijalankan oleh perusahaan dari segala segi serta mengetahui langkah strategis yang sebaiknya digunakan perusahaan untuk kedepannya agar tetap dapat bersaing di dalam industri. Peneliti menggunakan jenis penelitian deskritptif dengan metode penelitian kualitatif. Data atas objek penelitian di teliti melalui pengamatan (observasi) dan penelitian kepustakaan (research). Data dianalisis dengan menggunakan Matriks SWOT, Matriks evaluasi Faktor Eksternal (EFE), Matriks Evaluasi Faktor Internal dan Matriks Internal-Eksternal (IE). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kopi Roemah mBah telah memenuhi enam syarat yang harus dipenuhi untuk menerapkan strategi cost leadership. Hal ini diiringi dengan analisis berdasarkan konten, konteks dan infrastrukturnya. Selain itu, diketahui pula bahwa kegiatan rantai nilai yang dimiliki oleh perusahaan mendorong terjadinya kepemimpinan biaya tersebut. Namun, dibutuhkan juga langkah strategis lainnya agar perusahaan tetap dapat bersaing dan unggul dalam persaingan industrinya di Kota Bandung. Berdasarkan pada hasil perhitungan Matriks Internal – Eksternal, perusahaan berada pada kuadran II dimana posisi perusahaan adalah grow and build. Merujuk pada hasil matriks ini, perusahaan disarankan menggunakan dan mengkombinasikan strategi cost leadership dengan salah satu strategi intensif yaitu penetrasi pasar. Perusahaan diharapkan dapat mempertimbangkan penerapan strategi alternatif penetrasi pasar ini sehingga dapat memperkuat posisi perusahaan dalam menghadapi persaingan yang ada. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik - UNPAR en_US
dc.subject Strategi cost leadership en_US
dc.subject strategi bersaing en_US
dc.subject rantai nilai en_US
dc.title Analisis strategi Cost Leadership Kedai Kopi Roemah mBah en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2015320063
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0420095901
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI608#Ilmu Administrasi Bisnis


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account