Abstract:
Dewasa ini, industri makanan dan minuman sudah menjadi trend yang baru
dalam perkembangan bisnis. Hasil kinerja ini menjadi sektor makanan dan minuman
menjadi kontributor PDB industri terbesar di banding subsektor lainnya. Flavious Tea
menjadi salah satu industri rumah tangga yang menghasilkan produk minuman yang
dikenal secara umum di kota Bandung. Salah satu produk yang dihasilkan oleh Flavious
Tea antara lain Green Tea dan Thai Tea.
Tujuan penelitian yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah mengetahui dan
menganalisis penerapan metode Weighted Moving Average pada penjualan yang sesuai
dengan karakteristik permintaan di Flavious Tea. Berdasarkan hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa metode Weighted Moving Average dapat digunakan dalam
perhitungan forecasting yang di ambil dari data penjualan. Alpha yang disarankan untuk
digunakan adalah 0.4 , 0.4 , 0.2 untuk mendapatkan MAE, MSE, MAPE lebih kecil
dibandingkan alpha yang sudah ditentukan oleh perusahaan sebelumnya.