Abstract:
Langkah awal untuk memperoleh sumber daya manusia yang kompeten
dan memiliki standarisasi kerja dan kemampuan tinggi sesuai yang
diharapkan perusahaan adalah melalui proses rekrutmen dan proses seleksi
yang dilakukan oleh perusahaan. Dalam hal ini, proses rekrutmen dan proses
seleksi berkaitan juga dengan employer branding. Tujuan dilakukannya
penelitian ini adalah untuk mengetahui seperti apa proses rekrutmen dan
proses seleksi di PT. X, dan hambatan yang dialami PT. X dalam proses
rekrutmen dan proses seleksi tersebut.
PT. X merupakan salah satu perusahaan bidang industri otomotif di kota
Bandung yang bergerak di bidang jasa sebagai dealer dan bengkel resmi
produk kendaraan Brand Y di Jawa Barat. PT. X menjual produk kendaraan
berupa sedan/Passenger Car (PC), bus/Commercial Vehicles (CV) dan truk
yang termasuk dalam kategori kendaraan mewah di seluruh dunia. PT. X
tentu memiliki standar yang cukup tinggi terhadap karyawannya, standar
yang tinggi tersebut membuat PT. X kesulitan dalam memperoleh sumber
daya manusia terutama pada bagian sales, mekanik utama dan mekanik
helper yang sesuai standar. Pada proses seleksi hambatan yang muncul
adalah kinerja karyawan dan kendala internal perusahaan.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif analisis, sedangkan metode
penelitian yang dilakukan adalah survei. Adapun teknik pengumpulan data
yang dilakukan adalah wawancara dan studi dokumen. Sedangkan analisis
data dilakukan menggunakan teknik analisis data kualitatif.
Hasil dari penelitian yang dilakukan oleh peneliti, dapat disimpulkan
bahwa dari proses rekrutmen dan proses seleksi yang telah dilakukan oleh
PT. X relatif sudah sesuai dengan apa yang menjadi harapan dan target yang
telah direncanakan oleh PT. X. Peneliti juga menyarankan perusahaan dapat
bekerja sama dengan SMK Otomotif dalam penyusunan kurikulum dan
proses pembelajaran untuk memperoleh calon mekanik. Perusahaan tetap
menjaga employer branding agar tetap dapat menarik minat calon karyawan,
mempertahankan karyawan dan membantu mengatasi kendala perusahaan.