Abstract:
Kemunculan mall-mall (pusat perbelanjaan) baru di Kota Bandung menuntut
Mall X untuk tetap unggul dan bertahan dalam persaingan pada industri yang
sama. Upaya yang dilakukan Mall X untuk tetap bertahan dan unggul dalam
persaingan adalah dengan melakukan promosi dan acara menarik yang diharapkan
dapat mencapai target jumlah traffic pengunjung setiap harinya. Penyelenggaraan
acara dan promosi pada Mall X yang efektif membutuhkan sumber daya manusia
berkualitas dan memiliki kompetensi-kompetensi yang dapat mencapai visi, misi,
dan strategi Mall X .
Penelitian ini merancang Competency Based Human Resource Management
(Manajemen Sumber Daya Manusia Berbasis Kompetensi) untuk departemen
Marketing Communication. Metode penelitian yang digunakan adalah metode
studi kasus dengan melakukan teknik wawancara dan observasi untuk
mengumpulkan data. Hasil dari penelitian ini adalah penentuan kompetensi
(kompetensi inti, kompetensi manajerial dan kompetensi teknis), arsitektur
kompetensi, kamus kompetensi, dan peta kompetensi yang sesuai dengan
kebutuhan Departemen Marketing Communication, kemudian melakukan
penyelarasan dengan penilaian kinerja yang dilakukan Mall X.
Saran yang diusulkan kepada Mall X adalah penerapan rancangan model
kompetensi, menentukan level kompetensi,dan penambahan aspek kompetensi
teknis pada penilaian kinerja. Penerapan rancangan model kompetensi diperlukan
persetujuan dan komitmen dari pihak manajemen Mall X dan melakukan tindak
lanjut seperti penilaian kompetensi untuk menganalisis gap kompetensi.
Selanjutnya dibutuhkan pengembangan pegawai agar kinerja pegawai sesuai
dengan kompetensi yang dibutuhkan.