Abstract:
Persaingan di dunia bisnis saat ini sudah semakin ketat, dengan bertambahnya
perusahaan-perusahaan baru yang muncul mengikuti perkembangan jaman,
termasuk industri pengolahan aspal. Industri ini menarik perhatian karena
kebutuhan aspal di Indonesia pertahunnya semakin meningkat.
Dalam penelitian ini, penulis ingin mengetahui strategi apa yang telah
diterapkan serta mengetahui keunggulan yang dimiliki perusahaan dan
menganalisis strategi apa yang dapat di sarankan.
Metode yang digunakan adalah kualitatif, melalui kegiatan wawancara,
observasi dan melalui faktor internal terkait Manajemen, STP (Segmentasi,
Targeting, dan Positioning), dan Pemasaran, Keuangan, serta faktor eksternal
dengan menggunakan analisis PESTLE, dan Porter’s Five Forces (Lima
Kekuatan Porter), uraian analisis dilanjutkan penulis dengan menggunakan
Matriks SWOT, Matriks Internal Eksternal, dan Matriks QSPM.
Berdasarkan hasil analisis dan perhitungan dari Matriks SWOT, dan Matriks
Internal Eksternal, menunjukan bahwa PT Trimitra Aulia Siliwangi berada dalam
kuadran V yang merupakan strategi menjaga dan mempertahankan, strategi
tersebut terdiri dari Penetrasi Pasar (Online Media Promotion dan Expanding
Distribution Network), Pengembangan Pasar (Opening a Branch Office dan
Targeting a New Customer), dan Pengembangan Produk (Range of Product dan
Alternative Asphalts Product). Pada Matriks QSPM , strategi yang sesuai untuk
diaplikasikan untuk PT Trimitra Aulia Siliwangi adalah strategi Pengembangan
Produk.
Dengan hasil yang ada, penulis merekomendasikan perusahaan menggunakan
strategi pengembangan pasar, melalui kegiatan opening a branch office dan
targeting a new customer. Langkah ini merupakan usaha yang paling tepat untuk
dilakukan PT Trimitra Aulia Siliwangi agar dapat bertahan dan mampu
menghadapi persaingan.