Abstract:
Tujuan utama dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh Kualitas produk terhadap Harga di CV. Bintang Jaya Mandiri Bandung. Teknik apa yang dilakukan oleh CV. Bintang Jaya Mandiri Bandung dalam mencapainya dengan cara membandingkan teori yang ada dengan pelaksanaan yang dilakukan oleh CV. Bintang Jaya Mandiri Bandung
Jenis penelitian yang digunakan oleh penulis adalah penelitian asosiatif dan analisis deskriptif, dengan metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian survei dan menggunakan teknik pengumpulan data wawancara dan kuesioner. Hasil penelitian diolah dengan teknik analis menggunakan statistik.
Hasil dari penelitian yang dilakukan oleh penulis, mendapat kesimpulan bahwa lima dimensi yang berada di dalam Kualitas produk yaitu kinerja, keistimewaan produk, kesesuaian dengan spesifikasi, ketahanan, dan kualitas yang dirasakan yang digunakan dalam kualitas produk oleh CV. Bintang Jaya Mandiri Bandung sudah berjalan dengan baik dan telah disetujui oleh responden baik, dan pada variabel Harga di CV. Bintang Jaya Mandiri Bandung dalam keseluruhan pun sudah termasuk dalam kategori yang baik dan disetujui baik.
Pengaruh Kualitas produk terhadap Harga ini juga telah dilakukan pengujian koefisien korelasi dari hasil olah data yang artinya dengan kualitas produk dapat menentukan harga. Hasil dari analisis koefisien determinasi adalah Kualitas produk memberikan pengaruh sebesar 61.5% terhadap Harga. Sedangkan sebanyak 38.5% sisanya merupakan kontribusi pengaruh yang diberikan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian.
Keseluruhan penggunaan dimensi Kualitas produk pada CV. Bintang Jaya Mandiri Bandung telah berjalan secara baik dengan dimensi kinerja memiliki rata – rata tertinggi diikuti oleh kesesuaian dengan spesifikasi, ketahanan, kualitas yang dirasakan dan keistimewaan produk yang membuat meningkatnya penetapan Harga.