Abstract:
Persaingan pasar di industri sangat bergantung pada permintaan pasar. Permintaan pasar didasari dengan seberapa besar kebutuhan pelanggan yang menjadi tolak ukur terhadap tinggi dan rendahnya permintaan atas suatu produk. Besarnya permintaan pasar membuat tingkat persaingan pasar menjadi tinggi. Persaingan pasar yang tinggi tentu membuat perusahaan harus memiliki strategi yang tepat untuk mengoptimalisasi pelanggan mereka. Salah satu strategi yang dapat membantu mengoptimalkan pelanggan adalah dengan menggunakan sistem customer relationship management (CRM).
Strategi dalam dunia dagang tidak hanya berfokus pada produksi dan promosi, melainkan diperlukan strategi pendekatan pelanggan. Proses pendekatatan pelanggan memiliki peran penting untuk mempertahankan penjualanan dengan cara menjaga customer relationship. Adapun rancangan CRM yang disusun pada penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis dengan cara observasi dan wawancara. Hasil dari pengumpulan data disesuaikan dalam analisis porter’s five forces untuk melihat lima kekuatan yang ada di pasar industri perusahaan Secretgiftid guna menyajikan sistem CRM yang tepat atau sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Hasil analisa akan digambarkan dengan menggunakan metode flowchart untuk membentuk model kerja rancangan sistem CRM.
Adapun tujuan dari rancangan sistem CRM ini adalah membuat manajemen pelanggan dengan cara membangun relasi yang baik antara perusahaan dan pelanggan guna mempertahankan segmentasi pelanggan tetap serta meningkatkan penjualan berulang dalam menghadapi tingginya persaingan pasar bunga rangkai di Bandung.