Abstract:
Internet telah menyediakan akses luas ke informasi dan juga telah
berkembang untuk menghubungkan orang-orang di lingkungan sosial. Karena
informasi, baik positif atau negatif, dapat dibagikan secara instan dan luas,
merupakan tantangan bagi pebisnis untuk mengelola bisnis mereka dengan
cermat. Terkait dengan tujuan wisata yang dijadikan objek dalam penelitian ini,
beberapa orang umumnya berbagi foto tempat-tempat menarik yang telah mereka
kunjungi yang dapat mengembangkan harapan tertentu pada pikiran pemirsa.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah word of mouth yang
dibagikan melalui media sosial, juga dikenal sebagai bentuk E-WOM,
mempengaruhi ekspektasi pengunjung di China Town di Bandung. E-WOM
diukur dengan dimensi WOM Intensity, Valence of Opinion, dan Content,
sementara harapan diukur dengan dimensi objek dan aksesibilitas, fasilitas,
kegiatan, layanan tambahan dan paket yang tersedia.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa E-wom mempengaruhi ekspektasi
masyarakat terhadap atraksi China Town sebesar 21,4%. Hubungan antar variabel
adalah positif, yang berarti bahwa semakin informatif informasi tersebut, semakin
tinggi pengaruhnya terhadap harapan.
Oleh karena itu disarankan bagi China Town untuk lebih memperhatikan
pengiriman konten informatif karena harapan dapat dibentuk melalui orang yang
mengunggah konten melalui media sosial.