Abstract:
D'Cost Seafood Restaurant Festival Citylink Mall Bandung merupakan salah satu bisnis kuliner yang menjual makanan laut (seafood). Berdasarkan data jumlah pendapatan D'Cost Seafood Restaurant Festival
Citylink Mall Bandung pada bulan Januari 2017
sampai Desember 2018, telah terjadi penurunan hampir setiap bulannya dibandingkan
dengan tahun sebelumnya. Dalam satu tahun terjadi penurunan sebesar 7,3%
dibandingkan tahun 2017. Berdasarkan kuisioner pendahuluan yang disebarkan kepada
10 konsumen, diketahui bahwa konsumen merasa kurang puas dengan kualitas hidangan
dan pelayanan yang diberikan D'Cost Seafood Restaurant Festival Citylink Mall
Bandung. Ketidakpuasan konsumen adalah hidangan tidak sesuai ekspektasi konsumen,
pelayanan yang diberikan cepat, hidangan berpenampilan menarik, porsi sesuai
ekspektasi konsumen, rasa hidangan memenuhi ekspektasi. Jadi perusahaan perlu
melakukan perbaikan pada keandalan, daya tanggap, porsi hidangan, rasa hidangan,
penampilan hidangan.
Konsumen akan merasa puas ketika ekspektasi mereka mengenai kualitas
suatu produk terpenuhi. Alat bantu yang dapat digunakan untuk menerjemahkan
keinginan konsumen adalah Quality Function Deployment (QFD). QFD berguna untuk
membantu perusahaan dalam menerjemahkan keinginan konsumen kedalam desain
produk dan membantu evaluasi produk yang dihasilkan oleh perusahaan dengan produk
perusahaan lain. QFD memiliki alat bantu yang disebut Rumah Kualitas. Rumah Kualitas
dapat membantu perusahaan dalam menentukan karakteristik produk atau jasa yang akan
diproduksi sehingga bisa sesuai dengan keinginan konsumen
Jenis penelitian ini berdasarkan tujuan penelitiannya adalah penelitian
terapan, berdasarkan jenisnya penelitian ini adalah penelitian bisnis, metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, dan berdasarkan jangka waktu
penelitian ini adalah cross-sectional study. Populasi dalam penelitian ini adalah orang-orang yang makan di D'Cost Seafood Restaurant Festival Citylink Mall Bandung selama tanggal
29 April 6 Mei 2019.
Berdasarkan hasil penelitian, seluruh dimensi memiliki kesenjangan negatif,
yang berarti perusahaan belum mampu memenuhi ekspektasi konsumen. Rata-rata
kesenjangan Dimensi Daya Tanggap (-0,36), Dimensi Keandalan (-0,91), Dimensi
Penampilan Hidangan (-0,62), Dimensi Porsi Hidangan (-1,07), Dimensi Rasa Hidangan
(-0,76). Hasil tersebut membuktikan bahwa konsumen masih merasa belum puas dengan
kualitas hidangan dan pelayanan yang diberikan D'Cost Seafood Restaurant Festival Citylink Mall Bandung.
Sebaiknya perusahaan melakukan perbaikan berdasarkan prioritas untuk
meningkatkan kualitas hidangan dan pelayanannya pada karakteristik teknik yang
memperoleh nilai kepentingan relatif diatas 5%, yaitu memperbaharui standar operasional
pelayanan (SOP)(8,88%), mewajibkan karyawan membaca SOP dan melakukan tes
tertulis kepada setiap karyawan(8,88%), melakukan penilaian kinerja setiap
karyawan(8,88%), menyesuaikan kapasitas produksi (tenaga kerja dan peralatan masak)
dengan jumlah permintaan(8,88%), mengolah bahan baku menjadi bahan siap dimasak
sekitar 2 jam sebelum jam makan(8,88%), menetapkan standar kualitas dan kuantitas
bahan baku yang digunakan untuk setiap porsi makanan/minuman(8,88%), membuat
kalkulasi harga pokok setiap porsi makanan/minuman, lalu menetapkan harga
jualnya(8,88%), membuat standar resep pembuatan makanan dan minuman per
porsi(8,88%), juru masak/mimuman membuat makanan/minuman sesuai standar resep
yang telah ditetapkan(8,88%).