Analisis penilaian pemasok sepeda menggunakan metode Analytical Hierarchy Process pada Toko Sepeda "B" Tasikmalaya

Show simple item record

dc.contributor.advisor Brigita Meylianti Sulungbudi, Ph.D,ASCA,CIPM
dc.contributor.advisor Natalia Christi, S.T.,MBA
dc.contributor.author Lorio, Litaprilea
dc.date.accessioned 2019-10-24T05:42:12Z
dc.date.available 2019-10-24T05:42:12Z
dc.date.issued 2019
dc.identifier.other skp38140
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/9358
dc.description 23645 - FE en_US
dc.description.abstract Pemasok merupakan komponen penting dalam suatu alur bisnis, maka dari itu perlu dilakukan penilaian pemasok. Penilaian pemasok dapat membuat perusahaan mengetahui pemasok mana yang baik untuk perusahaannya. Pemasok yang baik dapat memberikan pengaruh yang baik juga untuk perusahaan. Toko Tasikmalaya memiliki empat pemasok yang memasok sepedanya. Penulis menggunakan kriteria quality, cost, delivery, flexibility, dan responsiveness sebagai acuan penilaian pemasok di Toko Sepeda "B". Masing-masing kriteria memiliki tiga sampai empat sub kriteria. Kriteria dan sub kriteria ini kemudian dinyatakan dalam bentuk wawancara kepada pemilik Toko Sepeda "B". Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk menilai pemasok-pemasok yang memasok Toko Sepeda "B". Penulis menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) untuk mengetahui bobot masing-masing kriteria dan sub kriteria. Bobot ini dapat membantu Toko Sepeda "B", Tasikmalaya mengetahui kriteria mana yang lebih penting dari kriteria lainnya. Toko Sepeda "B", Tasikmalaya kemudia dapat mengetahui bobot masing-masing pemasok berdasarkan kriteria dan sub kriteria tersebut. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) semua kriteria perlu dipertimbangkan dalam penilaian pemasok karena saling melengkapi dan menjadi satu kesatuan; (2) Kriteria cost merupakan kriteria terpenting untuk pemilik Toko Sepeda "B" kriteria flexibility merupakan kriteria kedua penting, kriteria quality merupakan kriteria ketiga penting, kriteria responsiveness merupakan kriteria kedua terkecil, dan kriteria delivery merupakan kriteria terkecil; (3) Dari total enambelas sub kriteria, pemasok "Elemen" unggul di enam sub kriteria dan kurang di tiga sub kriteria, pemasok "Pacific" unggul di empat sub kriteria dan kurang di dua sub kriteria, pemasok "United" unggul di tiga sub kriteria dan tidak ada yang kurang di sub kriteria lainnya, pemasok "Thrill" unggul di tiga sub kriteria dan kurang di sebelas sub kriteria; (4) Pemasok "Element" merupakan pemasok terbaik, tapi kurang kuat di kriteria quality. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi - UNPAR en_US
dc.subject Supply Chain Management en_US
dc.subject Kriteria QCDFR en_US
dc.subject Analytical Hierachy Process (AHP) en_US
dc.title Analisis penilaian pemasok sepeda menggunakan metode Analytical Hierarchy Process pada Toko Sepeda "B" Tasikmalaya en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2015120097
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0407067201
dc.identifier.nidn/nidk NIDK8815580018
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI603#Manajemen


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account