Pengaruh komunikasi dan kepercayaan terhadap kinerja pemasok : studi pada kafe di Kota Bandung

Show simple item record

dc.contributor.advisor Sulungbudi, Brigita Meylianti
dc.contributor.advisor Fernando
dc.contributor.author Vieri, Jason
dc.date.accessioned 2019-10-23T05:20:19Z
dc.date.available 2019-10-23T05:20:19Z
dc.date.issued 2019
dc.identifier.other skp38165
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/9349
dc.description 23670 - FE en_US
dc.description.abstract Indonesia dikenal sebagai negara penghasil kopi terbesar ke-4 di dunia. Hal ini dimanfaatkan oleh para pebisnis untuk menciptakan tren bisnis kafe. Saat ini perkembangan bisnis kafe sedang berkembang cukup pesat di Kotamadya Bandung. Sama seperti pada umumnya setiap kafe harus memperhatikan cara khusus untuk bersaing dengan sesama kompetitornya. Salah satu cara tersebut adalah supply chain management atau manajemen rantai pasok. Di dalam supply chain management, terdapat proses makro yaitu supplier relationship management yang merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan manajemen rantai pasok yang ditentukan oleh kualitas hubungan. Kepercayaan terhadap pemasok dan komunikasi merupakan dua faktor penentu tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak langsung dan tidak langsung dari kepercayaan dan komunikasi terhadap kinerja pemasok pada kafe di Kota Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan analisis uji mediasi sederhana. Disebar kepada 200 responden di bagian purchasing kafe yang dipilih menggunakan convenience sampling. Jumlah responden yang berhasil kembali sebanyak 104 (52%). Didapat ukuran sampel sebanyak 98 respoden setelah membuang outliers melakukan uji validitas, reliabilitas dan uji asumsi klasik terhadap data yang berhasil kembali. Pada penelitian ini menghasilkan kesimpulan yaitu komunikasi (X) dan kepercayaan (M) memengaruhi kinerja pemasok (Y) secara positif sebesar 21.84%, dan kepercayaan sebagai mediator memengaruhi sebesar 10.06%. Berdasarkan hasil tersebut bisa disimpulkan kepercayaan dan komunikasi terhadap pemasok memengaruhi kinerja pemasok secara positif. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi - UNPAR en_US
dc.subject Manajemen Rantai Pasok en_US
dc.subject Supplier Relationship Management en_US
dc.subject Kepercayaan en_US
dc.subject Komunikasi en_US
dc.subject Kinerja Pemasok en_US
dc.subject Kafe en_US
dc.title Pengaruh komunikasi dan kepercayaan terhadap kinerja pemasok : studi pada kafe di Kota Bandung en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2015120174
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0407067201
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0427028402
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI603#Manajemen


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account