Pengaruh persepsi pada kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen dan dampaknya pada niat rekomendasi Lia BUM (Buah Batu, Ujung Berung, dan Metro)

Show simple item record

dc.contributor.advisor Wardhono, V. J. Wisnu
dc.contributor.author Faisal, Adirahman
dc.date.accessioned 2019-10-23T03:31:55Z
dc.date.available 2019-10-23T03:31:55Z
dc.date.issued 2019
dc.identifier.other skp38134
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/9334
dc.description 23639 - FE en_US
dc.description.abstract Pekembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang tidak bisa dibendung dan terus berkembang pesat membuat bangsa Indonesia dituntut mampu bersaing dengan bangsa-bangsa lain dalam berbagai bidang. Dengan mulai diberlakukannya MEA (Masyarakat Ekonomi Asean) pada akhir 2015 membuat persaingan antar negara ASEAN akan semakin kompetitif, maka dari itu penggunaan bahasa Inggris menjadi sangat penting untuk dapat beradaptasi mengikuti arus perkembangan global yang semakin maju. Hal tersebut membuat tempat les bahasa harus bisa menyediakan tempat pembelajaran bahasa Inggris yang baik. Salah satu tempat les bahasa di Kota Bandung yaitu LIA BUM, dimana berdasarkan pengamatan penulis, tempat les bahasa ini tidak memberikan dampak niat rekomendasi terhadap para konsumennya. Hal tersebut terjadi karena LIA BUM memiliki service quality yang tidak baik. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif untuk menjelaskan fenomena yang terjadi. Untuk pengambilan sampel penelitian, penulis menggunakan jugdemental sampling dengan kriteria responden orang-orang yang pernah atau sedang menggunakan jasa bimbingan bahasa inggris LIA BUM dengan jumlah 100 responden. Kemudian dilakukan pengujian menggunakan analisis regresi sederhana dan berganda sebagai bentuk analisis kuantitatif dan metode Importance Performance Analysis (IPA) sebagai bentuk analisis kualitatif. Dari hasil pengolahan analisis kuantitatif diperoleh bahwa service quality berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen, dan juga service quality berpengaruh signifikan terhadap niat rekomendasi. Untuk kepuasan konsumen sendiri juga berpengaruh signifikan terhadap niat rekomendasi. Dari hasil pengolahan analisis kualitatif dengan metode IPA, atribut yang perlu diperhatikan pada variabel service quality yaitu kebersihan gedung, ketersediaan tempat parkir, kebersihan toilet, kemampuan cepat tanggap customer service terhadap setiap masalah konsumen, kejelasan informasi dalam penyelsaian masalah konsumen oleh karyawan, dan informasi yang disampaikan dapat di pahami dengan mudah saat menyelsaikan masalah. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi - UNPAR en_US
dc.subject service quality en_US
dc.subject kepuasan konsumen en_US
dc.subject niat rekomendasi en_US
dc.subject importance performance analysis en_US
dc.title Pengaruh persepsi pada kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen dan dampaknya pada niat rekomendasi Lia BUM (Buah Batu, Ujung Berung, dan Metro) en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2015120085
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0411105802
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI603#Manajemen


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account