Abstract:
Mumuso merupakan salah satu peritel lifestyle brand dari Asia Timur yang sudah muncul
di Indonesia dan memiliki satu cabang toko di 23 Paskal Shopping Center, Bandung.
Mumuso merupakan merek yang menjual produknya yang hanya tersedia di toko
tersebut. Jadi, Mumuso disebut sebagai salah satu perusahaan yang menjual produk
private label. Berdasarkan hasil preliminary research, sebagian responden yang pernah
membeli produk Mumuso ingin membeli ulang dan sebagian lainnya tidak ingin membeli
ulang, sedangkan responden yang pernah berkunjung cenderung tidak memiliki niat beli
pada produk Mumuso.
Kotler & Armstrong (2012:271) menjelaskan private label adalah "brands owned and sold by exculsively by individual retailers", Dimensi produk private
label menurut Chen (2009) terdiri dari kualitas produk, harga jual, presentasi, promosi,
dan kemasan. Menurut Mowen & Minor (2001:125), niat beli adalah "intention to search or service, and to dispose of product".Dimensi niat beli menurut Schiffman & Kanuk
(2004:470) terdiri dari rasa tertarik mencari informasi produk, ingin tahu tentang produk,
tertarik mencoba produk, mempertimbangkan membeli produk, dan ingin memiliki
produk.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksplanatori. Pada
penelitian ini, ukuran sampel minimal yaitu sebanyak 97 responden. Sampel diambil
dengan menggunakan metode purposive sampling dengan kriteria yaitu pria dan wanita
berusia 18 hingga 40 tahun yang mengetahui jenis produk di Mumuso 23 Paskal
Shopping Center. Data yang dikumpulkan menggunakan cara observasi, wawancara, dan
kuesioner yang disebarkan kepada 115 responden. Teknik analisis data yang digunakan
yaitu analisis deskriptif dan analisis regresi linear berganda.
Menurut hasil analisis deskriptif, persepsi konsumen atas kualitas produk
(X1), harga (X2), penyajian (X3), dan kemasan (X5) produk Mumuso dapat dikatakan baik,
sedangkan persepsi konsumen atas promosi (X4) Mumuso dapat dikatakan tidak baik.
Berdasarkan hasil olahan data kuesioner, kelima subvariabel tersebut secara bersama
sama mempengaruhi niat beli konsumen (Y) dengan signifikan sebesar 37.2%.
Subvariabel kualitas produk, penyajian, promosi, dan kemasan berpengaruh dengan
signifikan terhadap niat beli, sedangkan subvariabel harga tidak berpengaruh dengan
signifikan terhadap niat beli konsumen Mumuso 23 Paskal Shopping Center. Penelitian
ini memiliki dua buah model regresi linear berganda. Pengaruh yang diberikan masing
masing subvariabel independen terhadap variabel dependen yaitu kualitas produk sebesar
0.472 dan 0.446, penyajian sebesar 0.291, promosi sebesar 0.385 dan 0.414, dan kemasan
sebesar 0.301.