Pengaruh persepsi konsumen atas atribut toko online terhadap brand preference : studi komparasi online booking tiket pesawat pada Tiket.com dan Traveloka pada generasi milenial di Kota Bandung

Show simple item record

dc.contributor.advisor Istiharini
dc.contributor.author Darmanyanti, Yosepin Paskal
dc.date.accessioned 2019-10-21T04:43:52Z
dc.date.available 2019-10-21T04:43:52Z
dc.date.issued 2019
dc.identifier.other skp38126
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/9322
dc.description 23631 - FE en_US
dc.description.abstract Tiket.com dan Traveloka merupakan online travel agent yang menyediakan pelayanan penjualan tiket pesawat secara online. Kedua online travel agent tersebut terlihat sangat mirip dari segi tampilan, sistem, dan fungsinya sebagai toko online. Tiket.com semenjak tahun 2017 mengalami penurunan popular brand indeks, lalu konsumen lebih memilih Traveloka dibandingkan dengan Tiket.com. Berdasarkan hasil preliminary research, penulis mendapatkan bahwa 32 dari 41 orang lebih memilih online travel agent Traveloka dibandingkan Tiket.com. Traveloka lebih unggul dalam faktor atribut toko online. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi konsumen atas produk atribut toko online terhadap brand preference antara Tiket.com dan Traveloka. Variabel independen (X) yang digunakan pada penelitian ini yaitu design of web content, enterprise information, brand message, supply of website information, provide references of purchase, product webpage display, customer service supply, build basic function, ensure transaction security, detailing shopping preauction, friendly after sales service, clear business strategy. Sedangkan variabel dependen (Y) yang digunakan pada penelitian ini yaitu brand preference. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif dan cross sectional. Pengumpulan dilakukan dengan metode wawancara, observasi, studi literature, dan meyebarkan kuesioner kepada 125 responden dengan menggunakan metode judgement sampling dimana responden merupakan konsumen generasi milenial yang pernah mengunjungi dan membeli tiket pesawat online di Tiket.com dan Traveloka. Teknik analisi data menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa Design of web content (X1), Detailing Shopping Preauction (X10), dan Friendly After Sales Service (X11) memiliki pengaruh positif terhadap brand preference (Y). Besarnya pengaruh masing-masing variabel indepeden tersebut terhadap brand preference yaitu Design of web content berpengaruh sebesar 0,462, Detailing Shopping Preauction berpengaruh sebesar 0,324. friendly after sales service berpengaruh sebesar 0,331. Berdasarakan hasil analisis yang dilakukan pada atribut toko online didapati bhwa Traveloka lebih unggul dibandingkan dengan Tiket.com. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi - UNPAR en_US
dc.subject Atribut toko online en_US
dc.subject brand preference en_US
dc.subject Tiket.com en_US
dc.subject Traveloka en_US
dc.title Pengaruh persepsi konsumen atas atribut toko online terhadap brand preference : studi komparasi online booking tiket pesawat pada Tiket.com dan Traveloka pada generasi milenial di Kota Bandung en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2015120064
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0428047902
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI603#Manajemen


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account