Abstract:
Tiket.com dan Traveloka merupakan online travel agent yang menyediakan pelayanan
penjualan tiket pesawat secara online. Kedua online travel agent tersebut terlihat sangat
mirip dari segi tampilan, sistem, dan fungsinya sebagai toko online. Tiket.com semenjak
tahun 2017 mengalami penurunan popular brand indeks, lalu konsumen lebih memilih
Traveloka dibandingkan dengan Tiket.com. Berdasarkan hasil preliminary research,
penulis mendapatkan bahwa 32 dari 41 orang lebih memilih online travel agent Traveloka
dibandingkan Tiket.com. Traveloka lebih unggul dalam faktor atribut toko online.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi konsumen atas
produk atribut toko online terhadap brand preference antara Tiket.com dan Traveloka.
Variabel independen (X) yang digunakan pada penelitian ini yaitu design of web content,
enterprise information, brand message, supply of website information, provide
references of purchase, product webpage display, customer service supply, build basic
function, ensure transaction security, detailing shopping preauction, friendly after sales
service, clear business strategy. Sedangkan variabel dependen (Y) yang digunakan pada
penelitian ini yaitu brand preference.
Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif dan cross
sectional. Pengumpulan dilakukan dengan metode wawancara, observasi, studi literature,
dan meyebarkan kuesioner kepada 125 responden dengan menggunakan metode
judgement sampling dimana responden merupakan konsumen generasi milenial yang
pernah mengunjungi dan membeli tiket pesawat online di Tiket.com dan Traveloka.
Teknik analisi data menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linear berganda.
Hasil penelitian menunjukan bahwa Design of web content (X1), Detailing
Shopping Preauction (X10), dan Friendly After Sales Service (X11) memiliki pengaruh
positif terhadap brand preference (Y). Besarnya pengaruh masing-masing variabel
indepeden tersebut terhadap brand preference yaitu Design of web content berpengaruh
sebesar 0,462, Detailing Shopping Preauction berpengaruh sebesar 0,324. friendly after
sales service berpengaruh sebesar 0,331. Berdasarakan hasil analisis yang dilakukan
pada atribut toko online didapati bhwa Traveloka lebih unggul dibandingkan dengan
Tiket.com.