Manajemen piutang dagang di Two Hands Full Coffee Roasters

Show simple item record

dc.contributor.advisor Gomulia, Budiana
dc.contributor.author Michelle
dc.date.accessioned 2019-10-21T03:04:12Z
dc.date.available 2019-10-21T03:04:12Z
dc.date.issued 2019
dc.identifier.other skp38118
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/9302
dc.description 23623 - FE en_US
dc.description.abstract Two Hands Full Coffee Roasters berdiri pada tahun 2017, ketika perkembangan industri coffee roasters di Indonesia sedang mengalami perkembangan pesat. Untuk menghadapi persaingan perusahaan ini memberikan kebijakan penjualan kredit untuk meningkatkan penjualan, agar perusahaan dapat menghasilkan laba yang baik. Manajemen piutang mencakup kebijakan pemberian kredit dan kebijakan penagihan kredit, serta upaya monitoring untuk memastikan terlaksananya kebijakan. Sistem pencatatan dan Laporan Keuangan dibutuhkan untuk monitoring dan juga digunakan untuk menganalisis kinerja piutang. Laporan keuangan yang utama terdiri dari Laporan Neraca dan Laporan Laba Rugi. Dengan menggunakan dua laporan keuangan ini perusahaan dapat mengetahui rata-rata periode tagih dan analisis pengumuran piutang . Berdasarkan hasil analisis tersebut maka pemilik dapat menilai kinerja piutang, dan kemudian dapat mengambil langkah perbaikan yang diperlukan dalam manajemen piutang. Hal lain juga diperlukan adalah melakukan pengenalan terhadap profil risiko pelanggan. Dengan mengenal lebih dalam pelanggan maka diharapkan perusahaan dapat meminimalisir terjadinya piutang yang tidak dapat tertagih. Metode penelitian deskriptif digunakan di sini. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara , observasi, serta menggunakan data primer yang dimiliki perusahaan; yang terdiri dari catatan keuangan dan laporan keuangan perusahaan tahun 2017. Perusahaan telah memiliki kebijakan kredit yang menjadi pedoman pelaksanaan pemberian kredit dan penagihan pada tahun 2017. Namun pelaksanaannya dinilai tidak/kurang konsisten. Perhitungan rata-rata periode tagih pada triwulan 1-2-3- 4- tahun 2017 mengalami penurunan yang berarti mengalami perbaikan . Pengumuran piutang perusahaan dinilai kurang baik, ditunjukkan oleh Jumlah piutang terbesar berada pada umur keterlambatan lebih dari 30 hari (buruk). Pengenalan Profil risiko pelanggan dapat digunakan dalam upaya mengurangi risiko gagal tagih. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi - UNPAR en_US
dc.subject Kebijakan Piutang en_US
dc.subject Rata-Rata Periode Tagih en_US
dc.subject Pengumuran Piutang en_US
dc.subject Pengenalan Profil Risiko Pelanggan en_US
dc.title Manajemen piutang dagang di Two Hands Full Coffee Roasters en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2015120046
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0412046302
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI603#Manajemen


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account