Abstract:
Teh Botol Sosro merupakan pelopor minuman teh siap minum dalam kemasan (RTD tea) yang sudah lama hadir di Indonesia dan mulai menjual RTD tea pada tahun 1969. Namun pada tahun 2011, Teh Pucuk Harum dibawah naungan Mayora Group hadir sebagai pendatang baru yang menjual RTD tea dengan membawa konsep dan inovasi yang berbeda. Pada tahun 2018, Teh Pucuk Harum sudah dapat mempengaruhi pasar yang ada dan menyedot sebagian konsumen dari Teh Botol Sosro. Berdasarkan hasil preliminary research, penulis mendapatkan bahwa 23 dari 26 orang lebih memilih produk RTD tea merek Teh Pucuk Harum dibandingkan dengan Teh Botol Sosro. Mereka merasa bahwa Teh Pucuk Harum lebih unggul pada faktor rasa, aroma, kemasan, dan harga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh atribut produk terhadap brand preference antara Teh Botol Sosro dan Teh Pucuk Harum. Variabel independen (X) yang digunakan pada penelitian ini yaitu variabel atribut produk yang terdiri dari dimensi rasa, aroma, kemasan, dan harga. Sedangkan variabel dependen (Y) yang digunakan pada penelitian ini yaitu brand preference. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif dan eksplanatori. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, studi literatur, dan menyebarkan kuesioner kepada 100 responden dengan menggunakan metode judgement sampling dimana responden merupakan konsumen yang pernah mengkonsumsi RTD tea merek Teh Botol Sosro dan RTD tea merek Teh Pucuk Harum. Teknik analisis data yang digunakan yaitu berupa analisis deskriptif dan analisis regresi linear berganda. Dari hasil analisa regresi linear berganda pada penelitian ini menunjukan bahwa rasa (X1), aroma (X2), kemasan (X3), dan harga (X4) berpengaruh secara positif terhadap brand preference. Kontribusi variabel independen terhadap variabel dependen yaitu sebesar 61,7%, sedangkan 38,3% merupakan kontribusi faktor- faktor lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini. Besarnya pengaruh masing-masing variabel independen tersebut terhadap brand preference yaitu rasa sebesar 0,415, aroma sebesar 0,242, kemasan sebesar 0,217, dan harga sebesar 0,332. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan pada atribut produk, didapati bahwa Teh Pucuk Harum lebih unggul jika dibandingkan dengan Teh Botol Sosro.