Penerapan House of Quality untuk meningkatkan kualitas pelayanan pada Boardgame Cafe Monomyth

Show simple item record

dc.contributor.advisor Sulungbudi, Brigita Meylianti
dc.contributor.advisor Christi, Natalia
dc.contributor.author Martin
dc.date.accessioned 2019-10-15T07:15:32Z
dc.date.available 2019-10-15T07:15:32Z
dc.date.issued 2019
dc.identifier.other skp38087
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/9245
dc.description 23592 - FE en_US
dc.description.abstract Kafe merupakan salah satu tempat bisnis yang terus bertumbuh jumlahnya. Salah satu jenis kafe yang menarik perhatian adalah boardgame café. Boardgame café merupakan perpaduan antara boardgame library dengan café. Karena itu, boardgame café memiliki spesifikasi konsumen yang unik. Seiring dengan berkembangnya jumlah boardgame café, maka faktor utama yang menjadi penentu persaingan tersebut adalah pelayanan. Sebuah boardgame café dapat meningkatkan pelayanan mereka dengan meningkatkan kualitas. Kualitas yang meningkat akan meningkatkan kepuasan konsumen. Dengan meningkatnya kepuasan konsumen, maka konsumen akan merasa ada peningkatan dari pelayanan yang diberikan. Dalam penelitian ini, Monomyth digunakan sebagai objek penelitian. Monomyth merupakan sebuah boardgame café yang berdiri sejak Oktober 2017. Cara yang dapat diterapkan sebuah boardgame café untuk meningkatkan kualitas adalah dengan menggunakan Quality Function Deployment (QFD). Alat bantu yang dapat digunakan dalam menjalankan QFD adalah House of Quality (HoQ). HoQ dalam penelitian ini digunakan untuk mencari karakteristik pelayanan yang dianggap penting dalam sebuah boardgame café. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk pengetahui perbandingan kualitas pelayanan Monomyth dibandingkan pesaing lainnya serta menentukan arah perbaikan Monomyth untuk memperbaiki kualitas pelayanan. Penelitian ini menggunakan metode applied research untuk mencari solusi untuk permasalahan mengenai kualitas pelayanan. Solusi tersebut didapat dengan membuat HoQ yang terdiri dari data-data. Teknik pengumpulan data yang digunakan bermacam-macam seperti menggunakan wawancara yang bertujuan untuk menentukan masalah yang ada pada boardgame café serta menentukan karakteristik teknik, hubungannya, penilaiannya dan tingkat kesulitannya. Observasi untuk menentukan karakteristik teknik yang penilaiannya. Menyebarkan kuesioner berjumlah 41 buah kepada konsumen pada pertengahan Maret 2019 yang terdiri dari kuesioner tingkat kepentingan dan kebutuhan konsumen serta kuesioner kinerja Monomyth dan pesaing. Yang terakhir adalah focus group discussion kepada delapan orang konsumen dan satu owner Monomyth. Focus group discussion membahas hubungan antara karakteristik kebutuhan konsumen dan karakteristik teknik Monomyth. Berdasarkan hasil penelitian, dimensi Reliability merupakan dimensi yang paling berpengaruh dengan nilai sebesar 54,8%. Sementara itu, karakteristik kebutuhan dan keinginan konsumen yang paling berpengaruh adalah Boardgame café selalu memberikan pelayanan yang tepat (34,3%). Karakteristik teknik yang paling berpengaruh adalah Memperbaiki orientasi awal pada karyawan baru (45,036%) en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi - UNPAR en_US
dc.subject Boardgame café en_US
dc.subject House of Quality en_US
dc.subject Kualitas pelayanan en_US
dc.subject Quality Function Deployment en_US
dc.title Penerapan House of Quality untuk meningkatkan kualitas pelayanan pada Boardgame Cafe Monomyth en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2014120001
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0407067201
dc.identifier.nidn/nidk NIDK8815580018
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI603#Manajemen


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account